- Advertisement -
Pendidikan

Erdogan terima Doktor Honoris Causa dari Universitas Internasional Sarajevo

Turkinesia.net – Sarajevo. Universitas Internasional Sarajevo (IUS) di ibukota Bosnia memberikan gelar Doktor Honoris Causa kepada Presiden Turki selama kunjungannya ke Negara tersebut pada 20 Mei 2018.

Rektor Ahmet Yıldırım mengatakan kepada Anadolu Agency bahwa mereka memutuskan untuk memberikan gelar kepada Recep Tayyip Erdoğan sebagai pengakuan atas kontribusinya kepada universitas, Bosnia-Herzegovina serta politik internasional.

Yildirim mengatakan pemberian gelar doktor kehormatan telah direncanakan selama bertahun-tahun.

“Kami menawarkan untuk memberikan gelar tersebut kepada Presiden Erdoğan pada 2016 tetapi tidak sesuai dengan agenda kunjungan beliau,” kata Yildirim.

Yildirim mengatakan bahwa universitas ini didirikan pada tahun 2004 oleh Yayasan Pengembangan Sarajevo (SEDEF) atas saran Erdoğan.

“Presiden pertama Bosnia-Herzegovina merdeka, Alija Izetbegovic, meminta Erdogan untuk menjaga Bosnia. Jadi sebagai salah satu langkah pertama, IUS didirikan,” kata Yildirim.

“Sejak didirikan, Erdoğan terus mendukung universitas kami. Bahkan Erdoğan setuju untuk menerima gelar doktor kehormatan ini merupakan dorongan besar bagi kita. Ini adalah kehormatan besar bagi IUS yang sudah berusia 14 tahun untuk memberikan gelar seperti itu pada salah satu pemimpin paling penting di dunia.”

Universitas muda

IUS, dengan lima fakultas dan 18 departemen, saat ini memiliki sekitar 700 siswa dari 56 negara.

Universitas berfungsi sebagai jembatan antara Bosnia-Herzegovina dan Turki bagi kaum muda untuk mengenal nilai-nilai sosial dan budaya dari masing-masing negara.

Universitas tersebut juga melayani konvergensi sosial dan revitalisasi nilai-nilai dan budaya umum dan bertujuan untuk berkontribusi pada pembangunan ekonomi Bosnia-Herzegovina.

Diploma IUS diakui oleh Dewan Pendidikan Tinggi Turki (YOK) serta negara-negara Uni Eropa.

Hingga saat ini, 713 orang telah lulus dari universitas tersebut.

 

Yeni Safak

Baca juga  Lebih dari 165.000 orang mendaftar untuk beasiswa Turki tahun ini

 

votes
Article Rating
admin
the authoradmin
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d bloggers like this: