- Advertisement -
InternasionalTeknologi

Erdogan: Turki akan kembangkan jet tempur sendiri

TURKINESIA.NET – ISTANBUL. Sebagaimana Turki telah mengembangkan kendaraan udara dan satelit berawak dan tak berawak, Turki juga Turki akan memiliki jet tempurnya sendiri, kata Presiden Turki Recep Tayyip Erdoğan.

Pernyataan Erdoğan itu disampaikan dalam pidatonya di upacara peluncuran TCG Kınalıada, kapal keempat dari proyek MİLGEM – program kapal perang nasional Turki, di Istanbul pada 29 September.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada mereka yang bekerja untuk desain dan produksi kapal-kapal ini. Dengan ini, saya memperingati Khairuddin Barbarosa Pasha dan semua pelaut kami dengan rahmat dan syukur,” kata Erdogan.

“Pasukan angkatan laut kita membuat kita bangga dengan prestasi, personel yang berkualitas dan perlengkapan mereka,” katanya.

Turki adalah salah satu dari 10 negara yang dapat membuat kapal perang dengan caranya sendiri, kata presiden.

Kejadian baru-baru ini di Mediterania menunjukkan bahwa Turki harus memiliki kekuatan yang lebih kuat di wilayah laut, ia menambahkan.

“Kami sedang membangun dan mengirimkan kapal MİLGEM kami dengan tekad. Dengan pengalaman yang kami kumpulkan di proyek MİLGEM, kami akan meningkatkan produk buatan lokal hingga 70 persen,” kata Erdogan.

“Kami telah melangkah jauh dalam industri pertahanan dengan mengurangi ketergantungan kami pada luar negeri dari sekitar 80 persen menjadi sekitar 30 persen.” Katanya.

[adinserter block=”1″]

Dia juga menunjukkan bahwa jumlah proyek industri pertahanan di Turki mencapai 700 proyek. Ke depan akan lebih banyak proyek untuk memperkuat pasukan angkatan laut, tambah Erdogan.

“Korvet aktif kita telah melakukan tugasnya dengan mengambil bagian dalam banyak latihan militer nasional dan internasional,” katanya.

“Saya percaya bahwa kapal ini akan membuat kita lebih kuat di laut,” tambahnya.

Turki akan kembangkan jet tempur produk dalam negeri

Baca juga  Jet tempur latih Turki memukau pameran udara Farnborough di London

Apa yang terjadi dengan program jet tempur F-35 Amerika Serikat mendorong Turki untuk menjadi lebih bertekad pada produk militer lokal, menurut Erdogan.

“Kita akan berhasil membuat jet tempur kita sendiri, seperti yang kita lakukan pada helikopter serbu, kendaraan udara tak berawak, dan kendaraan udara tak berawak bersenjata, tidak lama lagi” tegas presiden.

“Tujuan kami adalah untuk sepenuhnya menghilangkan ketergantungan asing di industri pertahanan, pada tahun 2023,” katanya.

[adinserter block=”1″]

“Masalah yang telah kita alami selama enam tahun terakhir adalah mencegah Turki mencapai tujuan-tujuan ini. Seperti yang selalu saya katakan, mereka tidak akan berhasil. Jika mereka membangunkan raksasa yang sedang tidur itu, mereka akan menghadapi konsekuensinya,” tambahnya.

Komando Galangan Kapal Angkatan Laut Istanbul memulai pembangunan Kınalıada (F-514), korvet kelas-Ada yang keempat, pada bulan Oktober 2015.

Turki yang untuk pertama kalinya menyelesaikan desain asli kapal militer tipe korvet, telah mampu mengurangi ketergantungan pada teknologi asing dan juga memperoleh pengetahuan dan pengalaman yang signifikan dalam membangun kapal perang.

Proyek lokal MILGEM Korvet kelas-Ada mampu meluncurkan pertempuran permukaan yang menunjukkan kemajuan industri pertahanan Turki.

Kapal ini mampu membawa helikopter Sikorsky S-70 atau pesawat tak berawak, bersama dengan persenjataan terkait, 20 ton bahan bakar pesawat JP-5, sistem pengisian bahan bakar udara, dan fasilitas perawatan.

Sebelumnya, TCG Heybeliada, TCG Büyükada dan TCG Burgazada dikirim ke Angkatan Laut Turki. Kınalıada akan menjadi kapal keempat yang akan dikirimkan ke Angkatan Laut.

[adinserter block=”1″]

Bersamaan dengan upacara commissioning, upacara pemotongan baja juga berlangsung di galangan kapal untuk merayakan awal proses pembangunan kapal perang yang akan dikirim untuk Pakistan.

Angkatan Laut Pakistan telah menandatangani kontrak untuk akuisisi empat kapal kelas MİLGEM dari Turki. [Hurriyet]

admin
the authoradmin
Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
trackback

[…] Erdogan: Turki akan kembangkan jet tempur sendiri […]

error: Content is protected !!
1
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d bloggers like this: