- Advertisement -
InternasionalTeknologi

Erdogan: Turki mampu bangun, rancang, dan rawat kapal perang

TURKINESIA.NET – ANKARA. Presiden Turki pada hari Minggu [29/09] menghadiri dua upacara sekaligus; peresmian kapal baru untuk angkatan laut Turki dan mulainya pembangunan kapal yang akan dijual ke angkatan laut Pakistan.

Turki adalah salah satu dari 10 negara di dunia yang mampu membangun, merancang, dan merawat kapal perang menggunakan kemampuan nasionalnya sendiri, kata Presiden Recep Tayyip Erdogan pada upacara peresmian TCG Kinaliada, yang akan beroperasi untuk angkatan laut Turki, serta pembangunan MILGEM (kapal kelas sedang) untuk Pakistan. MILGEM merupakan program kapal perang nasional Turki.

Berbeda dengan tiga Corvette MİLGEM Ada Kelas pertama, kata Erdogan, TCG Kınalıada dilengkapi dengan rudal maritim domestik pertama Turki, ATMACA yang dikembangkan oleh ROKETSAN. Kinaliada juga menggunakan rudal angkatan laut AS buatan Harpa yang dipasok dari luar negeri.

Erdogan juga menyatakan bahwa kapal korvet sebelum  Kınalıada berhasil melakukan tugasnya dengan mengambil bagian dalam berbagai latihan nasional dan internasional sehingga menarik perhatian banyak negara dan berada di peringkat di antara kapal-kapal top kelas serupa di dunia.

Dalam pidatonya, Erdogan juga mengatakan ia berharap Kinaliada (F-514), sebuah korvet Ada-kelas baru, akan bermanfaat bagi bangsa Turki dan para pelautnya dan selanjutnya berharap Pakistan, negara yang bersahabat dengan Turki, juga akan mendapat manfaat dari kapal yang konstruksinya dimulai hari ini.

“Angkatan laut kita, kaya dengan kemenangan gemilang, membawa warisan ini ke masa depan dengan semakin memperkuatnya,” katanya.

“Peralatan, disiplin, personel berkualifikasi kelas atas dan semua pencapaiannya, membuat Turki bangga,” katanya.

Pada Juli 2018, angkatan laut Pakistan menandatangani kontrak untuk akuisisi empat kapal kelas MILGEM dari Turki.

[adinserter block=”1”]

Kekuatan Turki

Baca juga  Erdoğan hadiri peringatan 100 tahun berakhir Perang Dunia I

Erdogan mengatakan peristiwa baru-baru ini secara global dan terutama di Mediterania menunjukkan perlunya memperkuat Turki di laut, seperti di semua daerah lainnya.

Yunani dan Siprus Yunani baru-baru ini menantang hak Turki untuk menggunakan sumber daya energi Mediterania timur, tetapi Turki belum mundur dan terus mengirim kapal-kapal bor ke wilayah itu dengan pengawalan militer.

Turki bertekad untuk mencapai keunggulan di dalam negeri di semua bidang termasuk pembuatan kapal, artileri, rudal, torpedo, dan sistem elektronik, kata Erdogan. [Anadolu Agency]

 

votes
Article Rating
admin
the authoradmin
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d bloggers like this: