- Advertisement -
InternasionalTeknologi

Erdogan: Turki punya alternatif selain jet F-35

TURKINESIA.NET – ANKARA. Presiden Recep Tayyip Erdoğan telah mengkritik keputusan terkini oleh otoritas Amerika Serikat untuk menunda pengiriman jet tempur F-35, mengatakan “Turki memiliki alternatif selain jet tempur F-35,”

“Kami memiliki kesepakatan untuk 120 jet F-35 yang akan dikirimkan kepada kami. Apakah mereka akan memberikannya atau tidak, dunia tidak lagi terdiri dari satu negara. Ada banyak alternatif. Jika mereka [AS] tidak akan memberikannya kepada kami, kami akan mendapatkannya dari tempat lain atau kami akan memproduksinya,” kata presiden Turki tersebut.

Pernyataan tersebut disampaikan setelah otoritas AS melarang pengalihan jet tempur Lockheed Martin F-35 ke Turki di bawah kebijakan pertahanan pada bulan Juli. Kebijakan tersebut muncul di tengah hubungan AS-Turki yang tegang sebagai dampak pembelian Turki atas sistem pertahanan rudal S-400 Rusia yang telah menyebabkan diskusi mengenai interoperabilitasnya dengan sistem NATO.

Turki merupakan salah satu penyumbang biaya pengembangan F-35 bersama dengan Inggris, Kanada, Australia, Norwegia, Denmark, Italia, dan Belanda, meskipun AS adalah pelanggan utama dan pendukung keuangan.

“Tidak dapat diterima bagi kami untuk menerima kerugian seperti itu,” kata Erdoğan, mengkritik keputusan AS dengan mendefinisikannya sebagai “kerugian” atas akuisisi S-400 Turki.

“Kami tahu betul tentang tindakan publik dan swasta yang terjadi di empat penjuru dunia oleh mereka yang memaksa kami menjadi hubungan sepihak… Sebanyak hubungan sekutu dan kemitraan dengan AS dan Eropa, Turki perlu membangun kerjasama dengan negara lain,” katanya. [HDN]

 

votes
Article Rating
admin
the authoradmin
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d bloggers like this: