Minggu, Oktober 2, 2022
Toleransi

Gereja Akdamar bersejarah di Van Turki mengadakan misa khusus

Gereja Akdamar
Gereja Akdamar

Gereja Akdamar, dibangun pada abad ke-10 di tempat yang sekarang menjadi provinsi Van di Turki menyambut para tamu yang datang dari Turki, Armenia dan sekitarnya untuk misa khusus ke-10 sejak dibuka kembali pada tahun 2010.

Setelah ditiadakan selama 95 tahun dan dibuka kembali pada 2010, gereja Akdamar yang dibangun berabad-abad lalu di provinsi Van merayakan misa khusus ke-10 pada 4 September 2022.

Sahak Mashalian, kepala Patriarkat Armenia di Turki, dan Pastor Harutyun Damatian datang ke pulau itu bersama pendetanya untuk memimpin upacara di Gereja Akdamar.

Misa dipimpin oleh Damatian dan dihadiri oleh 46 pendeta dari patriarkat dan beberapa pengunjung dari Istanbul, Armenia, serta belahan dunia lainnya.

Berbicara pada misa, Mashalian mengucapkan terima kasih kepada pihak berwenang yang memberikan izin untuk mengadakan upacara.

Dia juga membuat pernyataan tentang dialog yang sedang berlangsung antara Türkiye dan Armenia.

Menekankan bahwa negara-negara Turki dan Armenia berbagi ribuan tahun hidup berdampingan, Mashalian mengatakan bahwa kedua negara dapat mengembangkan hubungan yang menjanjikan dan cerah.

“Hari ini, kami berdoa agar kedua bangsa yang bersahabat itu hidup damai sehingga Kaukasus berubah menjadi negeri yang damai. Semoga Tuhan melindungi wilayah dan kemanusiaan kita,” kata Mashalian.

Gereja Akdamar, tempat ibadah Armenia abad pertengahan, dibangun antara 915-921 M oleh arsitek Uskup Manuel di bawah arahan Raja Gagik I Artsruni.

Wisata Turki: Pesona pulau Akdamar

Gereja, yang memiliki tempat khusus dalam seni Kristen Timur-Barat, membawa perhiasan terpenting dan relief dinding terlengkap pada masanya dan diterima dalam Daftar Tentatif Warisan Dunia UNESCO pada 13 April 2015.

Pada 19 September 2010, Gereja Akdamar menyelenggarakan kebaktian pertamanya setelah istirahat selama 95 tahun. Gereja membuka kebaktiannya setiap tahun selama satu hari dan kebaktian terakhir dilakukan pada tahun 2021, yang dihadiri oleh ribuan turis lokal dan internasional di Van.

Baca juga  Erdogan berterima kasih atas dukungan minoritas Turki untuk kampanye penggalangan dana Covid-19

Sumber: TRT World

votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d blogger menyukai ini: