Sabtu, Agustus 20, 2022
Indonesia-TurkiTokoh

Habibie dan Erbakan: Dua ilmuwan Muslim yang tersingkir

Habibie dan Erbakan: Dua ilmuwan Muslim yang tersingkir - Turkinesia

TURKINESIA.NET – TOKOH. Habibie dan Erbakan, dua tokoh Ilmuwan Muslim level internasional yang sudah menjalin hubungan persahabatan sejak lama. Sama-sama insinyur alumni Jerman. Sama-sama ilmuwan Muslim legendaris kelas dunia. Sama-sama pernah menjadi tokoh nomor wahid di negeri masing-masing, dan juga sama-sama memimpin dalam waktu yang relatif singkat. Satu tahun.

Momentum yang paling mendekatkan antara Habibie dan Erbakan adalah  ketika beliau diminta menjadi saksi pernikahan putra Erbakan, sebagaimana pengakuannya pada 2011 saat berbincang bersama masyarakat Indonesia di wisma KBRI Ankara.

Jika Habibie pakar mesin kendaraan udara dan pernah membangun PT Dirgantara. Maka Erbakan raja mesin kendaraan darat. Tiga tesisnya dan satu di tingkat Ph.D. menarik perhatian Kementerian Ekonomi Jerman. Erbakan menyiapkan tesisnya untuk menjadi profesor di bidang matematika pengapian bahan bakar mesin diesel. Ia bahkan pernah bekerja di perusahaan mesin terbesar di Jerman sebagai kepala insinyur mesin Tank Leopard. Pulang ke Turki, ia membangun pabrik mesin besar tahun 1960 yang kemudian dikenal sebagai Pancar Motor.

Jika Habibie mendirikan ICMI, di Turki Erbakan mendirikan gerakan Milli Gorus, sebuah gerakan berbasis agama, yang memiliki sayap politik di Turki sejak tahun 1970.

Sayangnya, nasib keduanya terkudeta. Erbakan dikudeta militer saat menjadi PM pada tahun 1997. Habibi dilengserkan oleh MPR tahun 1999 lewat Sidang Istimewa. Pabrik Erbakan terpaksa tutup karena kalah saing dengan perusahaan besar kapitalis lainnya. PT Dirgantara juga ditutup setelah reformasi 1998.

Erbakan meninggal di Ankara pada 27 Februari 2011 karena kegagalan pernafasan, jantung, dan beberapa organ lainnya di usia 85 tahun. Jasadnya diterbangkan ke Istanbul untuk dishalati di Masjid Fatih serta dimakamkan secara sederhana sesuai wasiatnya.

Baca juga  BNI boyong 50 produk UMKM jajaki pasar Turki

Jutaan orang menghadiri pemakamannya dan memberikan penghormatan kepada “Mujahid Erbakan.”

[adinserter block=”1″]

Adapun sahabatnya, BJ Habibie tutup usia di RSPAD Gatot Soebroto dalam usia 83 tahun karena faktor usia dan riwayat beberapa penyakit yang diderita selama ini. []

4.7 3 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d blogger menyukai ini: