Sabtu, Agustus 20, 2022
Turki

“Hagia Sophia simbol penaklukan dan masalah kedaulatan Turki”

“Hagia Sophia simbol penaklukan dan masalah kedaulatan Turki” - Turkinesia

TURKINESIA.NET – ANKARA. Pembukaan kembali Hagia Sophia untuk ibadah pada dasarnya merupakan masalah kedaulatan dan kemerdekaan, kata seorang pemimpin oposisi Turki pada hari Selasa.

“Hagia Sophia adalah simbol penaklukan. Menurut pendapat kami, pembukaan kembali Hagia Sophia, jauh dari sekadar kebutuhan dan mengklaim peninggalan penaklukan, adalah masalah kedaulatan dan kemerdekaan,” Mustafa Destici, pemimpin Grand Unity Partai (BBP), kepada wartawan di parlemen.

Hagia Sophia harus dibuka kembali untuk ibadah “mematuhi kehendak [Sultan Mehmet] sang penakluk,” yang pasukannya mengambil kota dari Bizantium.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada hari Senin mengecam Yunani karena menolak pembukaan kembali Haiga Sophia untuk beribadah.

“Mereka mengatakan, ‘Jangan mengubah Hagia Sophia menjadi masjid.’ Apakah Anda memerintah Turki, atau kami memerintah Turki? ” kata Erdogan.

Pandangan publik dan sarjana tentang pembukaan kembali Hagia Sophia dapat dipertimbangkan, tambah Destici.

“Kami berpikir bahwa, pada pembukaan kembali Hagia Sophia, solusi yang mengurangi kecemasan dari berbagai sudut pandang dapat ditemukan,” katanya.

“Setiap ancaman eksternal terhadap negara kita terkait Hagia Sophia hanya akan mempercepat proses pembukaan kembali,” tambahnya.

Hagia Sophia yang disebut oleh para sejarawan Keajaiban Dunia Kedelapan adalah salah satu museum yang paling banyak dikunjungi di dunia dan permata sejarah arsitektur.

Bangunan tersebut digunakan sebagai gereja selama 916 tahun. Pada tahun 1453, bangunan ini diubah menjadi masjid oleh Fatih Sultan Mehmet ketika Ottoman menaklukkan Istanbul.

Setelah proses restorasi selama era Ottoman dan penambahan menara oleh arsitek Mimar Sinan, Hagia Sophia menjadi salah satu karya terpenting arsitektur dunia.

Di bawah Republik Turki, itu diubah menjadi museum.

Erdogan telah menyoroti bagaimana Ottoman mengubah bangunan itu menjadi masjid, bukannya meruntuhkannya.

Baca juga  Yunani kerahkan pasukan ke pulau dekat pantai Turki

Erdogan telah menyatakan niatnya untuk memulihkan status masjid Hagia Sophia dan belum lama ini mengizinkan pembacaan Alquran di sana.

Sumber: Anadolu Agency English

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Trikid Indonesia
11 months ago

Kembalinya hagia sopia menjadi masjid sangat berarti besar untuk umat islam

error: Content is protected !!
1
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d blogger menyukai ini: