Minggu, Agustus 14, 2022
Palestina

Hamas: Pemimpin & rakyat Turki selalu hadir mendukung perjuangan kami

Hamas: Pemimpin & rakyat Turki selalu hadir mendukung perjuangan kami - Turkinesia

TURKINESIA.NET – GAZA. Pemimpin Gerakan Perlawanan Islam di Palestina Hamas, Sami Abu Zuhri, pada hari Minggu memuji sikap Turki dalam mendukung rakyat dan perjuangan Palestina di tingkat pejabat dan rakyatnya.

Abu Zuhri mengatakan dalam pernyataan khusus kepada kantor berita TR Agency bahwa “Hamas sangat menghargai sikap pemimpin dan rakyat Turki.

Telah ada komunikasi berkelanjutan antara kepemimpinan gerakan Hamas di berbagai tingkatan, terutama antara Ismail Haniyeh dengan Presiden Erdogan dalam bentuk konsultasi tentang agresi di Gaza.

Menurutnya, Turki telah mengambil langkah-langkah inisiatif kuat yang terbukti dalam pernyataan resmi Presiden Erdogan atau oleh berbagai pemimpin dan pejabat Turki.

Demikian pula melalui langkah-langkah diplomasi dan kontak yang telah dilakukan kepemimpinan Turki dengan berbagai pihak di kawasan dan pihak internasional untuk menghentikan agresi di Gaza, kata Abu Zuhri.

Menurut Abu Zuhri, posisi Turki berbeda dari lainnya di mana negara itu hadir selama hari-hari agresi di Gaza dan Yerusalem

Berkenaan dengan sikap rakyat Turki, Abu Zuhri mengatakan ada gerakan kuat dan demonstrasi harian di berbagai wilayah Turki, memberikan pesan yang kuat dan jelas bahwa Yerusalem dan Gaza tidak sendirian.

Pemimpin Hamas juga menyatakan penghargaannya atas “kampanye sumbangan besar-besaran yang diselenggarakan oleh asosiasi dan institusi Turki, serta kesediaan resmi Turki untuk memberi kemampuan medis dan bantuan darurat yang dibutuhkan untuk membersihkan puing-puing di Gaza.”

“Kami bangga dengan posisi Turki dan puas dengan volume interaksi resmi Turki, dan Turki selalu hadir dalam perjuangan Palestina,” tambahnya.

Kami di Hamas hadir untuk menggunakan hubungan istimewa ini demi kepentingan Palestina.”

Perlu diketahui, bahwa semua kota Turki menyaksikan demonstrasi yang sangat besar mengecam agresi Israel atas Gaza. Di samping itu, kampanye bantuan besar-besaran diluncurkan di Turki untuk mendukung rakyat Gaza.

Baca juga  Ormas Serbia galang bantuan kemanusiaan untuk Gaza

Di tingkat politik, dalam setiap kesempatan terutama selama sepekan terakhir Erdogan sengaja menyerang Israel atas agresinya terhadap rakyat Palestina. Erdogan menegaskan bahwa Israel adalah negara teror dan kriminal yang membunuh anak-anak dan perampas wilayah.

Erdogan juga menyerukan pengiriman pasukan perlindungan internasional untuk melindungi rakyat Palestina dan tempat-tempat suci.

Jumat lalu, seorang anggota biro politik gerakan Hamas Palestina, Izzat Muhammad Al-Rishq, juga memuji peran Turki dalam mendukung perjuangan Palestina di berbagai forum internasional. Menurut Izzat, Turkilah yang mengibarkan panji Yerusalem dan menghubungkannya ke setiap forum internasional.

Dalam cuitannya di Twitter pada Jumat malam, ia mengatakan, “Kami terlibat dalam negosiasi politik untuk (pertempuran) Saif Al-Quds (pedang Yerusalem) dengan menyandarkan diri pada Allah, kemudian pada pejuang Al-Qassam yang pemberani, serta pada bangsa kami dan para pejabatnya yang bertindak seperti sarang lebah, telah menjadikan Yerusalem dan Gaza sebagai prioritas utama.”

Tentang peran Turki dalam mendukung perlawanan Palestina, Izzat mengatakan bahwa “Turki membawa panji Yerusalem, mempublikasi, mempertahankan dan menyampaikan ke setiap forum internasional, serta membalas setiap panah beracun internasional yang mencoba mengabaikan kejahatan penjajah Zionis.”

Keputusan untuk gencatan senjata mulai berlaku pada pukul 02:00 pada hari Jumat pagi, setelah 11 hari serangan penjajah Israel terhadap Palestina di Tepi Barat dan operasi udara militernya di Jalur Gaza yang membuat pejuang Palestina merespon.

Agresi brutal Israel menewaskan 274 orang, termasuk 69 anak-anak, 40 wanita, dan 17 orang lanjut usia, serta lebih dari 8.900 luka-luka, 90 di antaranya diklasifikasikan luka sangat serius.

Sumber: Tr. Agency

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d blogger menyukai ini: