- Advertisement -
Internasional

Helikopter militer jatuh di Istanbul 4 tentara gugur

TURKINESIA.NET – ISTANBUL. Empat tentara tewas dan lainnya terluka setelah helikopter militer jatuh di daerah pemukiman di distrik Sancaktepe, Istanbul, Senin.

Helikopter Bell UH-1 menabrak jalan di antara apartemen di distrik Asia Sancaktepe, tempat pangkalan militer berada, setelah bertabrakan dengan atap sebuah gedung.

Gambar puing helikopter di sebuah halaman kosong di antara bangunan menunjukkan bahwa tindakan kepahlawanan pilot berusaha menghindari jatuhnya korban sipil.

“Sebuah helikopter militer jatuh di distrik Samandıra saat melakukan penerbangan pelatihan. Empat tentara tewas dan satu lainnya cedera,” kata Gubernur Istanbul Ali Yerlikaya.

Yerlikaya tiba di tempat kejadian kecelakaan bersama dengan Menteri Pertahanan Nasional Hulusi Akar.

Akar mengatakan kepada wartawan bahwa pesawat lepas landas pada pukul 10:32 pagi dari pangkalan tetapi kehilangan kontak dengan pangkalan sekitar pukul 11:02 pagi.

“Kecelakaan itu terjadi pada waktu itu dan kami memiliki empat martir. Kami memiliki seorang sersan yang berada di unit perawatan intensif sekarang,” kata Akar ketika memeriksa lokasi kecelakaan itu.

Dia mengatakan, para pilot mencari pendaratan darurat untuk alasan yang belum diketahui.

“Jelas, perwira-perwira heroik ini berusaha keras untuk melakukan pendaratan tanpa melukai siapa pun di tanah,” kata Akar, seraya menambahkan bahwa helikopter sedang berusaha mencapai landasan helikopter ketika jatuh.

Dia mengatakan penyelidikan administratif dan kriminal atas kecelakaan tersebut sedang dilakukan.

Dalam pidato di sebuah simposium, Presiden Recep Tayyip Erdoğan menyatakan belasungkawa untuk para prajurit yang meninggal dan berharap pemulihan cepat bagi yang terluka.

Para saksi mata mengatakan bahwa helikopter berputar di luar kendali sebelum menabrak dinding gedung di dekatnya dan jatuh di tempat yang kosong. Seorang warga yang berbicara secara anonim, mengatakan kepada wartawan bahwa helikopter itu jatuh “sangat dekat” ke sebuah gedung apartemen dan akan “tentu saja membunuh banyak orang jika terkena.”

Baca juga  Helikopter tempur Turki terbaru akan dipajang di ekspo internasional

Saksi lain mengatakan rumahnya di dekat lokasi kecelakaan “berguncang” ketika helikopter jatuh.

Ini adalah kecelakaan helikopter kelima di Istanbul dalam dua dekade terakhir. Kecelakaan lainnya adalah helikopter polisi atau sipil.

Seorang pengusaha tewas dan pilotnya terluka ketika helikopter Bell-430 jatuh di lepas pantai Maltepe di Istanbul pada 6 September dalam kecelakaan terakhir sebelum ini. Kecelakaan paling mematikan terjadi pada 2017 ketika helikopter Sikorsky yang membawa eksekutif bisnis menghantam sebuah menara TV di distrik Büyükçekmece kota itu pada Maret 2017, menewaskan tujuh orang di penumpangnya.

Empat helikopter UH-1 jatuh di Turki antara 2002 dan 2011. Sepuluh petugas tewas dalam dua kecelakaan UH-1 di provinsi utara Erzincan pada 2006 dan di ibukota Ankara pada 2011.

Helikopter UH-1 yang produksinya berakhir pada tahun 1976, secara luas digunakan oleh tentara di seluruh dunia dan terutama dipakai untuk tujuan pelatihan, penyelamatan dan transportasi. [Daily Sabah]

 

votes
Article Rating
admin
the authoradmin
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
%d bloggers like this: