Tuesday, March 31, 2020
Berita

“Jika teroris YPG tidak tinggalkan Manbij beberapa minggu lagi, Turki akan beraksi”

TURKINESIA.NET – ANKARA. Presiden Recep Tayyib Erdogan pada hari Selasa [05//02] kembali mengingatkan Amerika Serikat atas dukungan mereka terhadap keberadaan teroris YPG di wilayah timur Efrat.

“Kesabaran Turki akan segera berakhir jika YPG yang terkait  dengan Teroris PKK tidak meninggalkan Manbij Suriah dalam beberapa minggu mendatang.” Kata Erdogan ketika berbicara pada pertemuan antar anggota Partai Keadilan dan Pembangunan (AK Party) yang berkuasa.

Dia mengatakan wilayah timur Efrat di Suriah adalah masalah penting bagi Turki, dan bahwa zona aman yang diusulkan harus ditetapkan di bawah pengawasan Turki.

“Turki menghormati integritas wilayah Suriah dan hak rakyat Suriah untuk menentukan masa depan mereka sendiri,” kata Erdogan.

Kota Manbij dan daerah sekitarnya telah dikendalikan oleh Pasukan Demokratik Suriah (SDF) yang didukung AS. SDF didominasi oleh kelompok teroris YPG sejak Agustus 2016 setelah mengusir teroris Daesh yang merebut kota itu dari oposisi moderat pada Januari 2014.

Pada bulan Juni, Turki dan AS mencapai kesepakatan untuk mengakhiri kehadiran YPG di Manbij, tetapi Washington terkesan lamban untuk menjalankan komitmennya. Turki mengatakan akan melakukan operasi yang dibutuhkan untuk mengusir YPG dari wilayah itu jika AS tidak bertindak segera.

Manbij adalah salah satu dari dua daerah yang dikendalikan oleh SDF/YPG di tepi kanan Sungai Efrat, dengan yang lainnya adalah daerah termasuk kota Tabqah di Suriah tengah. [Daily Sabah]

 

Leave a Response

error: Content is protected !!