Wednesday, February 26, 2020
Bilateral

Erdogan: “Turki ingin berjalan bersama Afrika”

TURKINESIA.Net – ANKARA. Presiden Recep Tayyip Erdogan mengatakan pada hari Sabtu bahwa Turki ingin berjalan bersama Afrika.

“Kami ingin berjalan bersama Afrika sementara tatanan dunia baru sedang dibangun,” kata Erdogan pada akun Twitter-nya di akhir tur lima harinya di empat negara Afrika.

Erdoğan mengatakan bahwa dia telah mengadakan pembicaraan “produktif” dan melakukan kontak di Aljazair, Mauritania, Senegal dan Mali.

Erdogan mengatakan Turki melihat Aljazair sebagai “pulau stabilitas politik dan ekonomi” kawasan ini.

“Insya Allah, kami akan meningkatkan persahabatan kami di setiap area dan kami akan sampai pada poin yang lebih baik terutama dalam hal investasi,” kata Erdogan.

Dia menambahkan Ankara berencana untuk mewujudkan proyek bersama dengan Mauritania di bidang kesehatan, pertanian, media dan bantuan kemanusiaan.

“Seiring sektor swasta kita meningkatkan investasi di Mauritania, kami berniat untuk mengembangkan hubungan kita berdasarkan prinsip “win-win”,” katanya.

Erdoğan juga mengatakan bahwa meningkatkan hubungan baik Ankara dalam politik dan ekonomi dengan Senegal adalah salah satu prioritas Turki.

Dia menambahkan penting bagi Turki untuk menyeimbangkan volume perdagangan dengan Afrika, dan juga meningkatkannya.

“Kami siap untuk melakukan bagian kami untuk stabilitas politik dan ekonomi Mali, di mana saya melakukan kunjungan pertama di tingkat presiden. Selain itu, kami akan memperkuat persaudaraan kami sambil memperkuat hubungan budaya dan perdagangan.”

Erdogan mengatakan dalam kunjungannya ke Afrika, dia disambut dengan hangat, menambahkan: “Kami mencintai Afrika dan saudara-saudara kami di Afrika tanpa bias.” [Yeni Safak]

 

 

Leave a Response

error: Content is protected !!