Selasa, Oktober 19, 2021
SejarahTokoh

Ini peran besar Turgut Alp di balik berdirinya Turki Utsmani

TURKINESIA.NET – Apa yang kita ketahui tentang kehidupan Turgut Alp?

Turgut Alp adalah salah satu sahabat dan pendukung paling royal kepada Ertugrul. Turgut Alp merupakan salah satu pejuang Ottoman yang paling terkenal.  Dia terkenal dengan kapaknya, dikenal sebagai orang yang terkuat di dunia di masanya.

Setelah Ertugrul meninggal, ia terus mendukung Osman Ghazi, putra Ertugrul, pendiri Kekaisaran Ottoman.

Turgut Alp berada di sisi Osman dalam penaklukan Ottoman pertama kali, kemudian dalam setiap penaklukan lainnya setelah itu.

Pada tahun 1299, Osman mengirim Turgut Alp untuk menaklukkan Inegol, sebuah kota di barat laut Turki modern. Daerah tersebut kemudian menjadi pusat pemerintahan Osman selama 36 tahun, dalam kedamaian dan kemakmuran.

Setelah kematian Osman, Turgut juga mendukung putranya Orhan Ghazi, ia mengikuti Orhan dalam penaklukan sebagai penasihat terpercaya.

Menurut legenda, ia meninggal pada usia 125 tahun, mati syahid dalam pertempuran dengan kapaknya yang terkenal di tangannya. Turgut Alp telah menjadi pemimpin Alp selama kehidupan Ertugrul Osman dan Orhan.

Makamnya terletak di pemakaman Desa Turgut Alp (Genci). İnegöl, Turki. Makam di luar Ertugrul gazi turbesi merupakan makam simbolis sebagai bentuk penghormatan, bukan makam sebenarnya.

Lebih dari 500 tahun setelah kematiannya, sebuah kota di kerajaan Ottoman diberi nama Turgutalp untuk menghormati prajurit pemberani ini.

Pada tahun 1877, selama Perang Rusia-Turki (1877-1878), sebuah kota didirikan dan dinamai “Turgutalp”

Pada tahun 1986, pemukiman itu dinyatakan sebagai pusat kota. Sektor ekonomi utama kota ini adalah pertanian. Tanaman utama adalah tembakau, kapas, zaitun, tomat, dan gandum. Beberapa penduduk kota bekerja di sektor pembangkit listrik dan tambang batu bara, Soma.

Dalam serial TV “Diriliş: Ertuğrul”, yang disiarkan di saluran televisi negara Turki TRT 1, Turgut Alp diperankan oleh aktor Turki Cengiz Coşkun. [Ilmfeed/Wikipedia]

Baca juga  Biografi singkat dan prestasi Sultan Abdul Hamid II

 

3.6 5 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Abuzakiy
Abuzakiy
7 months ago

Dlm Kurulus Otsman…Turgut kok ga ada?
Adanya Bamsy Bey…

error: Content is protected !!
1
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x