Tuesday, March 31, 2020
Pendidikan

Perpustakaan unik di Karabuk Turki memikat pengunjung

Turkinesia.net – Karabuk. Sebuah perpustakaan di provinsi Karabük di Turki utara telah menarik perhatian banyak pengunjung dengan arsitekturnya yang unik.

Berikut beberapa fakta, keunikan dan kecanggihan perpustakaan ini:

  1. Bangunan ini memiliki kemiripan dengan rak buku, dengan buku-buku ditumpuk berdampingan. Arsitektur mengemulasi Perpustakaan Umum Kansas City di AS.
  2. Perpustakaan di Karabük University (KBU), dibangun dengan dukungan seorang filantropis Kamil Güleç yang menyediakan akses ke 60.000 cetakan dan lebih dari 6 juta publikasi digital. “Perpustakaan Kamil Güleç adalah fasilitas mutakhir,” kata Özcan Büyükgenç, kepala Departemen Perpustakaan dan Dokumentasi di Universitas Karabük.
  3. Siswa dapat meminjam dan mengembalikan buku di kios yang dilengkapi dengan sistem pemeriksaan mandiri.
  4. Özcan Büyükgenç menambahkan bahwa melalui sistem interlibrary, siswa dapat memesan buku dari perpustakaan lain di seluruh Turki. “Jika kami tidak memiliki sumber daya dan salah satu dari 192 perpustakaan di Turki memilikinya, pembaca dapat memesan dan itu akan dikirimkan kepada mereka dalam waktu tiga hari,” tambahnya.
  5. Sekitar 450.000 orang telah menggunakan perpustakaan itu sejak dibuka 10 bulan lalu, kata Büyükgenç, menambahkan bahwa perpustakaan buka 24 jam. Özcan Büyükgenç mengatakan siswa dari 50 sekolah dan institusi yang berbeda dari seluruh negeri telah mengunjungi perpustakaan.

Siswa yang mengunjungi perpustakaan mengatakan kepada Anadolu Agency (AA) bahwa mereka mendapatkan banyak manfaat dari fasilitas tersebut.

“Tidak ada buku yang tidak dapat kami temukan di perpustakaan ini,” kata Emrah Çakan, seorang mahasiswa teknik otomotif.

“Kami menyukai wilayah studi,” kata Fadime Kaplan, seorang siswa perkembangan anak.

Muhammet Furkan Türkmen, seorang mahasiswa teologi, berkata, “Ini tidak hanya kaya dalam hal desain tetapi juga konten.”

Turki saat ini merayakan Pekan Perpustakaan Nasional. Acara ini telah dirayakan pada minggu terakhir bulan Maret setiap tahun sejak 1964.

Minggu ini bertujuan untuk mendorong kebiasaan membaca di antara anak-anak dan meningkatkan kesadaran untuk meningkatkan perpustakaan. [Daily Sabah]

Leave a Response

error: Content is protected !!