Friday, March 5, 2021
Philantropi

Donatur Kuwait bangun 30 sekolah di Turki untuk pengungsi Suriah

TURKINESIA.NET – SANLIURFA. Sekolah pertama dari total 30 sekolah yang dibangun oleh para donatur Kuwait telah dibuka di tenggara Turki untuk anak-anak pengungsi Suriah.

Sekitar 30.000 anak-anak Suriah akan belajar di sekolah yang didanai oleh Kuwait.

Sekolah Persahabatan Kuwait-Turki yang dibuka kemarin terletak di Haliliye, sebuah distrik di provinsi Şanlıurfa yang terletak di perbatasan dengan Suriah. Sekolah-sekolah tersebut akan menjadi bagian dari rantai sekolah yang disebutkan dalam protokol pendidikan antara otoritas pendidikan lokal dan Organisasi Amal Islam Internasional Kuwait.

Doğan Yüksel, wakil direktur pendidikan provinsi untuk Şanlıurfa mengatakan, para donatur Kuwait memimpin bantuan pendidikan untuk anak-anak Suriah di kota tempat lebih dari 70.000 anak-anak Suriah bersekolah.

“Kami memiliki 150.000 warga Suriah usia sekolah dan 73.000 dari mereka terdaftar di sekolah-sekolah di sini. Namun, kami memiliki kekurangan dalam hal jumlah sekolah. Jadi, gubernur kami Abdullah Erin meminta bantuan dari luar negeri dan menghubungi para donor dari negara-negara Teluk. Sebuah delegasi Kuwait mengunjungi Şanlıurfa dan memberikan dukungan yang dijanjikan untuk sekolah-sekolah. Sekolah-sekolah akan didirikan di 13 kabupaten dan akan dijalankan oleh otoritas pendidikan kami. Sekitar 30.000 siswa Suriah akan terdaftar di sekolah-sekolah, jadi, kami akan menaikkan jumlah anak-anak pengungsi di sekolah hingga lebih dari 100.000,” katanya.

Yüksel mengatakan ini adalah pertama kalinya di Şanlıurfa bahwa sebuah badan amal asing membantu upaya pendidikan dan amal bagi warga Suriahdari negara lain. Qatar juga berjanji untuk membantu proyek tersebut.

“Saya berterima kasih kepada saudara-saudara Muslim Kuwait untuk membantu kami. Ini sebuah sekolah yang indah,” kata Bunyamin Katani, siswa kelas empat di sekolah itu.

 

Sumber: Daily Sabah

Baca juga  Berbagai lembaga kemanusiaan Turki galang bantuan untuk Yaman

 

vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
trackback

[…] Donatur Kuwait bangun 30 sekolah di Turki untuk pengungsi Suriah […]

error: Content is protected !!
1
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x