Senin, Januari 17, 2022
Internasional

Penduduk Al-Bab Suriah dukung Lira Turki

TURKINESIA.NET -AL-BAB. Di kota Al-Bab, utara Suriah, yang telah dibersihkan dari unsur teror melalui Operasi Eufrat Shield Turki tahun 2016, penduduk setempat mendukung ekonomi Turki dengan mengganti mata uang asing mereka menjadi lira Turki.

Pada hari Selasa (14/08), penduduk kota yang terletak di utara provinsi Aleppo barat laut Suriah, menyelenggarakan aksi dukungan untuk Turki di luar kantor forex lokal.

Demonstran melambai-lambaikan bendera Turki dan memegang spanduk bertuliskan, “Mendukung lira adalah Wajib [yaitu, kewajiban moral]”, “Kalian menggagalkan kudeta [2016]; Kalian akan memenangkan perang ekonomi yang dilancarkan terhadap kalian”, dan, “ Para pedagang dari Aleppo utara bersama kalian”, merujuk orang-orang Turki.

Beberapa dari mereka membawa anak-anak, mereka meneriakkan, “Turki dan Suriah adalah satu” dan “Allahu Akbar!”.

Sharif Abo, yang hadir di acara tersebut ikut mengibarkan bendera Turki. Saat membeli lira Turki, dia mengatakan kepada Anadolu Agency: “Saya mengubah mata uang asing saya ke lira untuk menunjukkan dukungan bagi perekonomian Turki.”

Dia menegaskan dukungan untuk mata uang Turki akan terus berlanjut, menambahkan: “Sebagai warga Suriah, kami mempersembahkan properti kami, kehidupan dan nyawa untuk Turki.”

Esra Osman, peserta aksi berumur sepuluh tahun, mengatakan kepada wartawan: “Kami anak-anak tidak memiliki uang asing untuk membantu, tetapi kami bisa berdoa. Semoga Allah melindungi rakyat Turki dan para pemimpin mereka!”

Penduduk sipil yang tinggal di wilayah Operasi Euphrat Shield pertama kali meluncurkan gerakan “Dukung Turki dan Lira” pada bulan Mei.

Yeni Safak

votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x