Minggu, Januari 16, 2022
Bilateral

Putin usulkan Turki masuk G7

TURKINESIA.NET – MOSKOW. Presiden Rusia Vladimir Putin pada hari Kamis mengatakan bahwa Turki dapat bergabung dengan kelompok G7, bersama dengan China dan India.

Putin menganggap hal itu lumrah mengingat peran Turki dalam hubungan internasional.

Hal itu disampaikan presiden Rusia selama Forum Ekonomi Timur, forum internasional tahunan yang bertujuan mendorong investasi asing di Timur Jauh Rusia.

Forum Ekonomi Timur adalah pertemuan internasional tahunan yang diadakan untuk mendorong investasi asing di Timur Jauh Rusia. Di sela-sela acara, pemimpin Rusia membahas masalah internasional dan regional.

Berbicara tentang pembicaraannya baru-baru ini dengan Presiden Recep Tayyip Erdoğan, Putin berkata, “Saya pikir sekarang setelah akuisisi S-400 (sistem pertahanan udara), Turki terlindungi dengan baik dari langit, jadi, tentu saja, pekerjaan Turki dalam format seperti itu juga akan relevan dan sesuai, mengingat perannya dalam urusan internasional dan di kawasan ini.”

Putin juga mengatakan dia percaya bahwa Kelompok 20 saat ini “organisasi yang paling representatif” untuk menangani masalah internasional.

Ketika ditanya mengenai kemungkinan kembalinya Moskow ke kelompok ekonomi besar dunia, Putin mengatakan China dan India juga pantas menjadi anggota G7.

Pada 2014, Rusia diskors dari G8 karena aneksasinya atas Krimea, serta dukungan politik dan militernya untuk kelompok separatis di Ukraina Timur.

G7 kini beranggotakan Amerika Serikat, Inggris, Kanada, Prancis, Jerman, Italia, dan Jepang.  [Anadolu Agency/Daily Sabah]

4 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x