Selasa, Oktober 19, 2021
ErdoganpediaTN Menjawab

Arti nama Recep Tayyip Erdogan

TURKINESIA.NET – Nabi Muhammad SAW. pernah ditanya “Ya Rasulullah, apakah hak anakku terhadapku?” Nabi menjawab: “Engkau baguskan nama dan pendidikannya, kemudian engkau tempatkan ia di tempat yang baik”.

Nama sangat berpengaruh pada pembentukan karakter seseorang, karena pada sebuah nama ada doa, cita-cita dan harapan kedua orangtua dari si anak. Nama juga menunjukkan identitas aqidah, bangsa dan keluarga.

Demikian halnya dengan nama dari Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan. Nama yang terdiri dari tiga kata ini, dua di antaranya dari bahasa Arab, benar-benar terwujud dalam kepribadiannya.

Adapun makna dari nama Recep Tayyip Erdogan adalah sebagai berikut:

Recep

Kata ini berasal dari bahasa Arab, Rajab, yang dalam dialek Turki diucap Recep. Rajab secara bahasa ada ulama yang berpendapat bahwa bulan Rajab (رجب), diambil dari kata tarjiib (ترجيب), secara bahasa bermakna mengagungkan (تعظيم).

Ada juga pendapat yang menyatakan Rajab berasal dari kata Rujbah (رجبة), bukan dari tarjiib. Rujbah adalah kayu bercabang dua sebagai penopang pohon kurma.

Dinamakan bulan Rajab itu dengan “Rajab” karena bulan itu “Yurjab”, yakni dimuliakan.

Rajab juga merupakan bulan ketujuh dalam kalender Hijriah. Bulan yang mempunyai keutamaan tertentu.

Salah satu doa Nabi Muhammad SAW. yang menunjukkan keutamaan Rajab yaitu “Ya Allah, berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya’ban ini, dan sampaikanlah umur kami bertemu Ramadhan.” Nabi Nabi Muhammad SAW juga bersabda, “Rajab bulannya Allah dan Sya’ban bulanku, dan Ramadhan bulan untuk umatku.”

Di bulan Rajab terdapat suatu peristiwa peristiwa suci dan agung yaitu Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW.

Tayyip

Kata ini dari bahasa Arab, yang artinya baik. Kata ini tercermin dalam karakter Erdogan yang antusias dan lembut.

Baca juga  Awas! Akun Twitter Brigade Al-Qassam hoax

Erdogan sangat menghormati orang yang lebih tua dan orang-orang tertentu. Beliau tidak ragu-ragu untuk mencium tangan orang-orang mulia, oleh karena itu dia bersikeras untuk bersalaman dengan tamunya satu persatu ketika menjadi tuan rumah dalam “konferensi Pemikiran Islam Dunia” yang dilaksanakan di Istanbul tahun 1996. Hal inilah yang menjadikan Erdogan memperoleh penghargaan dari para pemuka Islam.*

Ia juga sangat menyukai anak kecil, dalam banyak kesempatan beliau sering menggendong dan mencium anak kecil serta bercanda dengan mereka.

Erdogan

Kata ini berasal dari bahasa Turki. Dalam bahasa Turki, “Er” artinya orang yang kuat dan pemberani. “Dogan” artinya anak kecil atau pemuda. Nama ini terkabulkan dalam karakternya yang berhasil “menghancurkan berhala sekularisme Attaturk”.* Ia juga berani menentang kekuatan negara-negara besar di dunia. Erdogan layak dijuluki “Pemuda Pemberani”

*[Sumber: Erdogan, Muadzin Istanbul Penakluk Sekularisme Turki, halaman 91]

4.5 10 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
3 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Linda Afriyanti
Linda Afriyanti
11 months ago

Fii Aamaanillaah buat Erdogan yg bebar dan Sholeh

Setiawan
Setiawan
8 months ago

Saya Amanahkan Anda Pak Erdogan sama Allah SWT…semoga Allah selalu menjagamu Aamiin

Budi
Budi
1 month ago

Namanya bagus. Semoga Beliau dijaga Allah SWT…

error: Content is protected !!
3
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x