Wednesday, February 26, 2020
BeritaPolitik

Sebar propaganda teroris dan hina Erdogan, Ketua CHP Istanbul dihukum hampir 10 tahun penjara

TURKINESIA.NET – ISTANBUL. Ketua Partai Rakyat Republik (CHP) wilayah Istanbul dijatuhi hukuman  sembilan tahun, delapan bulan dan 20 hari penjara oleh pengadilan di Istanbul pada 6 September, atas beberapa tuduhan termasuk “menyebarkan propaganda teroris” dan “menghina pejabat publik.”

Selama persidangan terakhir kasus tersebut di Pengadilan Kejahatan Tinggi ke-37, Canan Kaftancıoğlu mengaku tidak bersalah.

Canan menggertak dengan mengatakan, “Musim ‘kami’ telah dimulai; dia hilang. Saya tidak akan menyerahkan pikiran dan kata-kata saya apa pun putusannya. Karena musim ‘kami’ telah dimulai, ia kalah, kami menang,”, merujuk pada kemenangan partainya di Istanbul beberapa waktu lalu.

Pengadilan menghukum Canan karena “secara terbuka menghina negara Republik Turki” dan “pejabat publik” dan menjatuhkan hukuman dua tahun dan dua bulan untuk dua kejahatan ini. Dia juga dijatuhi hukuman penjara dua tahun dan empat bulan karena “menghina Presiden Turki Recep Tayyip Erdoğan.” Pengadilan juga mendapati dia bersalah karena “menghasut orang untuk kebencian dan permusuhan” dan “menyebarkan propaganda sebuah organisasi teroris.”

Canan tidak akan ditangkap sampai putusan disetujui oleh pengadilan banding.

Sidang terakhir disaksikan oleh para hadirin termasuk Walikota Metropolitan Istanbul Ekrem İmamoğlu, anggota parlemen, pembela hak asasi manusia dan pejabat dari konsulat beberapa negara. [Hurriyet Daily News]

Leave a Response

error: Content is protected !!