Senin, November 29, 2021
AsiaInternasional

Turki minta Bangladesh sediakan lahan untuk bangun kamp Rohingya

TURKINESIA.NET – WASHINGTON. Menteri Luar Negeri Turki pada Selasa [24/09] meminta Perdana Menteri Bangladesh Sheikh Hasina mengalokasikan lahan untuk membangun kamp bagi para pengungsi Rohingya.

Mevlut Cavusoglu berbicara pada sebuah pertemuan tentang Rohingya di sela-sela sidang Majelis Umum PBB ke-74 di New York.

“Kami meminta Bangladesh untuk mengalokasikan tanah seperti yang kami lakukan untuk para pengungsi Suriah di Turki, yang merupakan kamp-kamp terbaik di dunia,” kata Cavusoglu.

Dia mengatakan krisis Rohingya adalah salah satu tragedi paling mengerikan di dunia dan Turki sangat memuji peran yang diambil Bangladesh dalam menangani sejumlah besar pengungsi Rohingya.

Rohingya, yang digambarkan oleh PBB sebagai kelompok yang paling teraniaya di dunia, menghadapi ketakutan yang terus meningkat sejak puluhan orang terbunuh dalam kekerasan komunal pada tahun 2012.

Lebih dari 750.000 pengungsi Rohingya, sebagian besar wanita dan anak-anak, telah melarikan diri dari Myanmar dan menyeberang ke Bangladesh setelah pasukan Myanmar melancarkan penumpasan terhadap komunitas Muslim minoritas pada Agustus 2017.

“Kami percaya bahwa masyarakat internasional juga harus berbuat lebih banyak untuk berbagi beban Bangladesh dalam mengurangi masalah kamp-kamp pengungsi Rohingya,” ujar Cavusoglu.

Dia mengatakan bahwa sejak awal krisis, Turki telah memprioritaskan masalah ini dalam agenda internasional dan mendukung para pengungsi dengan bantuan kemanusiaan baik di Bangladesh maupun Myanmar.

Cavusoglu juga mengatakan Turki berharap Myanmar mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk kembalinya Rohingya secara sukarela, aman dan bermartabat.

Sumber: Anadolu Agency Indonesia

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x