Sunday, April 5, 2020
Pendidikan

Pelajar internasional lanjutkan pendidikan tinggi di Turki

TURKINESIA.NET – ANKARA. Sebanyak lima ribu pelajar internasional penerima beasiswa Turki yang didanai negara melalui Badan Masyarakat Turki di Luar Negeri dan Masyarakat Kerabat (YTB) mulai mendatangi Turki untuk berkuliah di berbagai universitas.

Menurut pernyataan dari YTB, penerima beasiswa Turki atau “Turkiye Burslari” tahun ini berasal dari 167 negara berbeda-beda.

Tahun ini sebanyak 145.700 pelajar internasional dari 167 negara itu mengajukan beasiswa ke Turki untuk berbagai jenjang universitas.

Sebanyak lima ribu pelajar internasional berhasil lolos dari berbagai proses wawancara yang dilakukan dengan para ahli YTB dan akademisi di negara masing-masing.

YTB menjadi kordinator penyelenggara program beasiswa mahasiswa asing ke Turki sejak tahun 2012.

Dengan dimulainya tahun akademik perguruan tinggi, mahasiswa internasional mulai berdatangan ke Turki sejak akhir bulan September ini.

Turki berharap kepada para pelajar asing yang datang dari penjuru dunia untuk memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat ketika mereka pulang ke negara asal, serta membangun jembatan persahabatan antara Turki dan negara masing-masing.

Pendaftaran beasiswa pemerintah Turki itu mencakup jenjang sarjana dan pascasarjana yang dapat dilakukan melalui Internet dalam jangka waktu tertentu setiap tahun.

Para pendaftar memasukkan dokumen yang diperlukan dan jika mereka lulus tahap evaluasi pertama, mereka akan diundang untuk wawancara di sekitar 100 cabang di seluruh dunia.

Penerima beasiswa akan mengikuti program kursus bahasa Turki pada tahun pertama, setelah itu mereka akan ditempatkan sesuai jurusan yang mereka pilih di universitas Turki.

Program beasiswa full pemerintah Turki ini mencakup SPP, tempat tinggal, tiket pesawat satu kali saat pertama kali datang ke Turki dan satu kali setelah lulus, asuransi kesehatan, dan uang saku bulanan.

Turki berusaha menjalin komunikasi dengan para alumni dengan menggelar pertemuan-pertemuan alumni Turki di berbagai negara.

Kini ada sekitar 150 ribu anggota perhimpunan alumni Turki dari 160 negara menjadi duta sukarela yang menjembatani antara negara mereka dan Turki.

Banyak dari mereka yang sudah menempati posisi penting seperti menjadi birokrat, pengusaha, wartawan, akademisi dan politisi. Mereka kini memainkan peran penting dalam memperkuat persahabatan dan kerjasama antara negara-negara mereka dan Turki.

Sumber: Anadolu Agency Indonesia

Leave a Response

error: Content is protected !!