Tuesday, March 31, 2020
Uncategorized

Turki selenggarakan KTT Pemimpin Muslim Afrika ke-3

TURKINESIA.NET –  ISTANBUL. KTT Pemimpin Muslim Afrika ke-3 di selenggarakan di Istanbul pada hari Selasa [22/10] di hadiri oleh para akademisi, menteri dan pemimpin agama, aktivis, jurnalis, dan penulis dari 51 negara.

Ali Erbas, kepala Direktorat Urusan Agama Turki, membacakan deklarasi bersama pada hari terakhir acara yang berlangsung selama empat hari.

“Menggambarkan Muslim yang mengikuti agama rahmat sebagai pelaku kekerasan dan mengidentifikasi Islam dengan terorisme adalah operasi persepsi yang berakar dari niat jahat dan ambisi kotor dan tidak pernah dapat diterima,” katanya.

Jelas bahwa kepentingan kotor dan struktur global berbahaya mendukung Boko Haram, al-Shabaab, Daesh dan organisasi teroris serupa yang muncul dalam wilayah Islam dan terlibat dalam kekerasan serta terorisme, tambah deklarasi itu.

Lebih lanjut dikatakan bahwa Afrika memiliki budaya Islam pluralistik yang kaya dan berakar dalam. Budaya Islam itu dapat membangun dunia yang lebih baik di mana berlimpah dengan cinta, toleransi dan kebersamaan.

Deklarasi itu juga mengatakan bahwa kelompok Fetullah Terrorist Organisation (FETO), yang merupakan dalang di balik upaya kudeta yang digagalkan pada 2016 di Turki, menargetkan Muslim Afrika dan berusaha mempertahankan keberadaannya di benua itu.

Para pejabat DİB mengatakan KTT itu bertujuan untuk menyediakan platform bagi komunitas Muslim dari seluruh dunia untuk bertemu, memulihkan hubungan yang terabaikan antara komunitas, membahas masalah dasar dan solusi untuk mereka, kerja sama dalam pendidikan dan layanan keagamaan serta meningkatkan ikatan keseluruhan.

KTT ini juga bertujuan untuk meningkatkan hubungan Turki dengan komunitas dan negara-negara Muslim Afrika, berbagi pengalaman Turki dalam layanan keagamaan, memperluas hubungan politik dan ekonomi yang ada antara Turki dan negara-negara Afrika di bidang agama dan budaya. [Anadolu Agency/Daily Sabah]

Leave a Response

error: Content is protected !!