Saturday, January 18, 2020
Kisah

Cerita Tete de Turc : Hancurnya “kepala Eropa” dengan sekali tinju Turki

TURKINESIA.NET – KISAH. Pada tahun 1867, Sultan Ottoman Abdul Aziz dan anak buahnya pergi ke sebuah pameran mesin di Perancis. Sultan Abdul Majid melihat sebuah mesin punch dan bertanya, “Apa nama mesin ini? Untuk apa ini?”

Penerjemah bahasa Prancis ragu-ragu untuk menyebutkan namanya. Setelah beberapa detik ia berkata, “Namanya Tete De Turc (Kepala Turki)”

Saat itu musim panas. Namun setelah penerjemah mengeluarkan jawaban, terasa seperti musim dingin. Angin dingin bertiup.

Penemu alat itu tidak pernah berpikir bahwa suatu saat Sultan Ottoman akan mengajukan pertanyaan ini. Arti nama tersebut adalah orang Eropa ingin meninju kepala  (Muslim) Ottoman.

Setelah beberapa detik, Sultan Abdul Aziz memecah kesunyian dan berkata, “Halil Pasha, mari kita tunjukkan kekuatan lengan Turki kepada orang-orang ini!”

Halil Pasha dari kota Kayseri, melepas mantelnya dan menyingsingkan lengan bajunya. Semua orang menonton dengan nafas tertahan.

Dia berkata: “Saya siap melayani Anda, Sultan,”

Dia memukul bola dengan sangat keras sehingga indikator dinamometer terbang ke kepala seorang pria Prancis dan bola itu terbang ke kepala pria Prancis lain.

Setelah menghancurkan mesin itu menjadi berkeping-keping, Halil Pasha berkata: “Sultanku, ini harusnya menjadi kepala orang Eropa, bukan kepala Turki. Karena mesin itu menjadi berkeping-keping hanya dengan satu pukulan [orang Turki].”

Leave a Response

error: Content is protected !!