Wednesday, February 26, 2020
Politik

Mantan Wakil PM Turki: Partai baru akan diluncurkan akhir Desember

TURKINESIA.NET – ANKARA. Mantan Wakil Perdana Menteri Ali Babacan yang mengundurkan diri dari Partai Keadilan dan Pembangunan yang berkuasa (AKP) pada bulan Juli mengumumkan bahwa ia dan beberapa mantan anggota AKP sedang bersiap untuk mendirikan partai politik baru, yang direncanakan akan diaktualisasikan pada akhir Desember.

“Untuk beberapa waktu, kami bertindak dengan ketakutan bahwa kami akan merusak tatanan yang ada. Kami takut akan bebannya. Tetapi skala hati nurani telah berubah sedemikian rupa sehingga kami merasa bebannya akan semakin berat jika kita tidak melakukan apa-apa,” kata Babacan dalam wawancara dengan penyiar swasta Habertürk pada 26 November.

“Ada pengalihan dari prinsip, bukan hanya nilai. Masalah Turki semakin besar di setiap bidang. Kami melihat bahwa negara itu memasuki terowongan gelap. Kami merasakan tanggung jawab serius, ”katanya.

Ketika ditanya tentang pemikirannya tentang sistem presidensial baru, karena dia tidak secara aktif menjadi bagian dari kampanye, tetapi belum mengundurkan diri pada saat itu, Babacan mengatakan dia tidak mendukung sistem tersebut.

“Saya katakan, ‘Saya tidak bisa mendukung ini.’ Setelah beberapa saat, kami melihat bahwa [sistem] disebutkan dengan krisis ekonomi,” katanya.

Mengenai masalah ekonomi Turki dan rencana ekonomi yang baru diluncurkan oleh pemerintah, Babacan mengatakan rencana tersebut tidak berdampak pada pasar. [Hurriyet Daily News]

Leave a Response

error: Content is protected !!