Senin, November 29, 2021
Eropa

PM Ukraina : Turki negara kunci untuk wilayah Laut Hitam

TURKINESIA.NET – KIEV. Menteri Luar Negeri Ukraina pada hari Selasa [03/12] mengatakan bahwa NATO harus fokus pada wilayah Laut Hitam, sambil menekankan pentingnya Turki untuk seluruh wilayah tersebut.

Wilayah ini aman berkat kehadiran NATO dan Turki, Vadym Prystaiko mengatakan pada sebuah konferensi di London.

“Kunci menuju wilayah Laut Hitam adalah dengan tetangga kami Turki,” tambahnya.

Dia mengatakan bahwa di saat NATO berfokus pada Eropa utara dan negara-negara Baltik, Ukraina melindungi perbatasan timur NATO.

Prystaiko menambahkan bahwa Ukraina dan Georgia tidak diundang untuk bergabung dengan NATO, yang membuat Rusia menyerang Georgia terlebih dahulu dan kemudian Ukraina.

NATO dan Moskow terus berselisih karena sejumlah masalah, termasuk separatis di sepanjang perbatasan Ukraina dengan Rusia, aneksasi ilegal Semenanjung Krimea dan campur tangan Rusia dalam Pemilu di negara-negara Barat.

Turki dan Ukraina, dua negara yang bertetangga di kawasan Laut Hitam telah memperdalam kepercayaan dan kerjasama mereka dalam aspek politik, ekonomi, militer dan budaya. Hubungan bilateral mereka telah berkembang secara bertahap sejak Ukraina memperoleh status kemitraan strategis dengan pembentukan Dewan Strategis Tingkat Tinggi pada tahun 2011.

Berbicara kepada Daily Sabah dalam sebuah wawancara eksklusif pada bulan Maret, Duta Besar Ukraina untuk Ankara Andrii Sybiha menyoroti potensi signifikan untuk kolaborasi yang lebih besar antara kedua negara dalam berbagai masalah. “Aliansi strategis antara kedua negara telah mencapai titik yang sangat baik, berdasarkan pada kepentingan kedua negara,” katanya.

Menyinggung perundingan NATO dan aksesi Uni Eropa dengan Ukraina, Sybiha mengatakan bahwa keanggotaan di kedua blok adalah kehendak rakyat Ukraina dan negara itu tidak akan mundur dari upaya untuk mencapai target ini.

Baca juga  Erdogan berjanji beri respon yang pantas untuk Yunani di Mediterania

Pemerintah baru yang mengambil alih kekuasaan pada Februari 2014 berkomitmen untuk memperoleh keanggotaan di NATO dan Uni Eropa setelah mantan Presiden Viktor Yanukovych dicopot menyusul protes besar-besaran yang dipicu oleh penolakannya untuk menandatangani perjanjian asosiasi dengan Uni Eropa. Opini public Ukraina sangat mendukung bergabung dengan NATO setelah aneksasi Rusia atas Semenanjung Krimea pada tahun 2014. [Daily Sabah]

votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
trackback

[…] PM Ukraina : Turki negara kunci untuk wilayah Laut Hitam […]

error: Content is protected !!
1
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x