Thursday, April 2, 2020
EropaTrending

Erdogan kembali kecam Macron : Anda menabur, Anda menuai

TURKINESIA.NET – ISTANBUL. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada 9 Desember kembali mengecam pernyataan Presiden Prancis Emmanuel Macron dan sekali lagi menolak istilah “terorisme Islam.”

Berbicara pada pembukaan KTT Menteri Urusan Sosial OKI di Istanbul, Erdogan mengkritik Macron karena menggunakan istilah “terorisme Islam” pada KTT NATO yang diadakan di London.

“Di sini, di KTT NATO terakhir, Presiden Prancis berbicara tentang terorisme Islam. Berapa kali saya katakan kepadanya, Islam secara harfiah berasal dari kata ‘salam’ dan artinya [dalam bahasa Arab] adalah perdamaian. Bagaimana Anda menggabungkan perdamaian dan teror dengan ekspresi teror Islam? Tidak ada hal seperti itu,” kata Erdogan.

Erdogan juga menekankan bahwa Macron diam terhadap wajahnya sendiri, tetapi membuat pernyataan seperti itu di KTT NATO.

“Ada apa sekarang? Demonstran Rompi Kuning keluar di Paris. Ayo, perbaiki, hentikan. Mengapa Anda tidak bisa menghentikannya? Mengapa Anda tidak bisa mewujudkannya dengan damai? Saat Anda menabur, Anda akan menuai,” kata Erdogan.

Erdogan juga menyebutkan bahwa Turki telah menampung 5,5 juta pengungsi dan migran, di mana 3.650.000 adalah warga Suriah dan 350.000 adalah warga Kurdi.

“Hanya pada tahun [2019] ini, hampir 57.000 orang dibiarkan mati oleh negara-negara lain yang diambil dari laut, kami menyelamatkan hidup mereka. Kami melayani pencari suaka di negara kami pada tingkat yang sama dengan warga negara kami sendiri. Selain itu, kami menyediakan layanan ini tanpa bantuan serius dari luar negeri,” kata Erdogan. [Hurriyet Daily News]

Leave a Response

error: Content is protected !!