Senin, November 29, 2021
Eropa

“Turki tidak akan biarkan kegiatan apapun tanpa izin di dalam wilayah landas kontinennya”

TURKINESIA.NET – ANKARA. Turki tidak akan membiarkan kegiatan apapun tanpa izin di dalam wilayah landas kontinennya, ungkap Menteri Luar Negeri Turki pada Rabu [11/12].

“Tidak ada yang dapat melakukan aktivitas tanpa izin dari kami dalam landas kontinen kami, jika ada pelanggaran, kami akan mencegahnya,” tutur Mevlut Cavusoglu dalam wawancara kepada saluran televisi lokal, A Haber.

Çavuşoğlu juga mengatakan Turki siap untuk berunding dengan Yunani untuk menyelesaikan masalah Mediterania Timur.

“Kami tidak mendukung ketegangan, kami mendukung pendekatan yang dapat menjamin hak kedua pihak di bawah hukum internasional,” katanya.

Menlu tersebut juga mengatakan Turki dapat menandatangani pakta maritime dengan semua negara yang memiliki pantai di Mediterania, termasuk Yunani, Lebanon dan Mesir, jika kondisinya menguntungkan.

Pada 27 November lalu, Pemerintah Turki dan Pemerintah Kesepakatan Nasional Libya (GNA) yang berbasis di Tripoli menandatangani kesepakatan bilateral.

Memorandum tersebut menegaskan hak-hak Turki di Mediterania Timur dalam menghadapi pengeboran sepihak oleh otoritas Siprus Yunani, serta mengklarifikasi bahwa Republik Turki Siprus Utara (TRNC) juga memiliki hak atas sumber daya di kawasan tersebut. [Anadolu Agency/Daily Sabah]

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x