Thursday, April 2, 2020
Politik

Pejabat HDP di Turki kepergok membantu teroris PKK

TURKINESIA.NET – ANKARA. Seorang pengurus HDP, partai oposisi Turki, membantu seorang anggota PKK/KCK-PYD/YPG dari Iran ke distrik Dogubayazit, Provinsi Agri, ungkap otoritas Turki.

Pasukan keamanan Turki mendapati Abdullah Ekelek, Ketua cabang distrik Dogubayazit untuk Partai Rakyat Demokratik (HDP), sedang bersama seorang teroris yang datang dari perbatasan Iran, Aziz Oruc di sebuah mobil di jalan raya.

Ketua cabang HDP itu diduga memimpin persembunyian teroris yang masuk dari wilayah perbatasan Iran ke provinsi Agri.

Pemerintah Turki menuding HDP memiliki hubungan dengan kelompok teroris YPG/PKK, dan sejumlah besar wali kota HDP telah diberhentikan dari jabatannya, terkait dakwaan terlibat dalam terorisme.

Puluhan keluarga Kurdi menggelar aksi protes di depan kantor Partai Demokratik Rakyat (HDP), di tenggara Provinsi Diyarbakir selama 100 hari lebih.

Partai oposisi Turki itu sejak lama dituding berafiliasi dengan kelompok teror PKK.

YPG adalah cabang PKK di Suriah, yang menggunakan akronim SDF (Pasukan Demokrat Suriah) sebagai kedok agar mendapat dukungan Amerika Serikat.

Dalam lebih dari 30 tahun kampanye terornya melawan Turki, PKK – yang terdaftar sebagai organisasi teroris oleh Turki, Amerika Serikat, dan Uni Eropa – bertanggung jawab atas kematian 40.000 orang, termasuk perempuan dan anak-anak.

Sumber: Anadolu Agency Indonesia

Leave a Response

error: Content is protected !!