Friday, March 5, 2021
Asean

Mahathir: Malaysia belajar dari kesuksesan Turki

TURKINESIA.NET – KUALA LUMPUR. Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohammad, pada hari Kamis [19/12] memuji perkembangan industri pertahanan Turki dan menyerukan kerjasama di antara negara-negara mayoritas Muslim agar menjadi independen dari Barat.

Berbicara di sebuah forum selama KTT Kuala Lumpur, ia menekankan pentingnya kemajuan teknologi dan industri dalam pembangunan nasional.

“Turki telah masuk sangat dalam di bidang pertahanan, melengkapi dirinya dengan peralatan pertahanan. Dan Malaysia belajar dari Turki,” tambahnya.

“Kami di sini untuk mendengarkan ide-ide yang dapat membantu kami membangun pemerintahan yang baik dan bagaimana membangun stabilitas di negara kami. Tidak ada keraguan, tanpa stabilitas tidak akan ada pembangunan,” kata Mahathir menjawab sejumlah pertanyaan. Ia menambahkan bahwa ekonomi yang kuat adalah “vital bagi suatu negara untuk tetap independen”.

Untuk menumbuhkan ekonomi yang lebih kuat, “Negara-negara Muslim membutuhkan stabilitas”, katanya.

Mahathir menyatakan bahwa kerja sama di antara negara-negara Muslim tidak berarti memboikot negara-negara non-Muslim.

“Tetapi jika Anda [menjadi] sumber atau menjual barang-barang ke negara-negara non-Muslim, kadang-kadang mereka menjatuhkan sanksi kepada Anda [negara-negara Muslim], dan Anda kehilangan apa yang Anda butuhkan dan Anda menjadi tidak berdaya dan mereka dapat menerapkan lebih banyak tekanan,” katanya menjelaskan mengapa negara-negara mayoritas Muslim membutuhkan untuk mengembangkan teknologi menjadi mandiri.

“Tetapi jika mereka memberikan tekanan [ketika negara-negara Muslim yang swasembada], maka sanksi itu tidak akan berhasil sama sekali,” katanya.

KTT Kuala Lumpur selama tiga hari sedang berlangsung di ibukota Malaysia dengan dihadiri ratusan pejabat pemerintah dan perwakilan dari masyarakat sipil dan sektor bisnis dari seluruh Dunia Muslim.

Sumber: Yeni Safak

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x