Sunday, July 5, 2020
Ekonomi

Hongaria dukung proyek pipa gas TurkStream

TURKINESIA.NET – BUDAPEST. Peter Szijjarto, Menteri Luar Negeri dan Perdagangan Hongaria, mengungkapkan proyek pipa gas TurkStream, yang menyalurkan gas dari Rusia ke Turki dan Eropa, akan memperkuat keamanan energi negaranya.

Menteri Hongaria Szijjarto mengatakan kepada Kantor Berita Hongaria (MTI) bahwa penyelesaian proyek pipa gas TurkStream di bagian Serbia sejauh 403 kilometer sangat menyenangkan.

Menekankan bahwa proyek TurkStream akan memperkuat keamanan energi negaranya, Szijjarto mengatakan bahwa konstruksi proyek di bagian Hongaria saat ini berjalan sesuai rencana.

Szijjarto menyatakan bahwa mulai sejak 2021, sebanyak 9,8 miliar meter kubik gas alam akan disalurkan ke Hongaria melalui pipa tersebut.

Menteri Hongaria itu juga menangkis tudingan-tudingan terkait proyek tersebut.

“Kritik dari Barat sama sekali tidak berdasar. Karena tiga dari empat negara Eropa yang dilewati pipa baru itu adalah anggota NATO,” tukas dia.

Proyek TurkStream

Pipa gas Rusia tersebut akan memenuhi permintaan gas tahunan benua Eropa.

Pipa gas alam TurkStream total berkapasitas 31,5 miliar meter kubik, jalur pertama akan membawa kapasitas 15,75 miliar meter kubik gas Rusia ke Turki. Sedang jalur kedua akan membawa 15,75 miliar meter kubik gas ke Eropa lewat Turki.

Lewat pipa TurkStream, gas itu akan dikirimkan ke Bulgaria, Serbia, Hongaria dan Slovakia.

Pipa TurkStream di Turki akan diresmikan oleh Presiden Recep Tayyip Erdogan dan Presiden Rusia Vladimir Putin di Istanbul yang dijadwalkan pada 8 Januari 2020 mendatang.

Sumber: Anadolu Agency Indonesia

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x