Sunday, January 19, 2020
Lifestyle

Menurut wanita Turki, aktivitas panen bayam jadikan mereka awet muda

TURKINESIA.NET – BURSA. Hamparan danau yang kering di barat laut Turki menyediakan tanah subur untuk bayam dan rahasia untuk tetap muda bagi para nenek setempat.

Danau Gölbaşı di kabupaten Kestel di provinsi Bursa biasanya memenuhi 80% kebutuhan irigasi di wilayah itu. Namun, kekeringan tahun ini telah mengeringkan sekitar 90% danau.

Namun demikian, penduduk setempat masih memanfaatkan bedengan seluas 3.000 hektar, menanam dan memanen bayam dari November hingga Maret.

“Danau Gölbaşı kami telah mengering, dan warga kami menanam bayam di dasar danau,” kata Eyüp Kılıç, Direktur Kamar Pertanian Kestel, kepada İhlas News Agency (HA).

Wanita lokal, sebagian besar berusia antara 60 dan 80 tahun, bekerja dari subuh hingga petang mengumpulkan bayam, menghasilkan sekitar 80 lira Turki sehari dari hasil panen. Para wanita mengatakan pekerjaan itu membuat mereka kuat dan sigap.

“Memetik bayam membutuhkan waktu sampai malam. Cuaca dingin, tetapi kami sudah terbiasa. Kami mencoba menghangatkan diri dengan membakar api dan menyeduh teh,” kata para wanita itu kepada İHA.

“Semua pekerja berusia 60 tahun ke atas. Kami bekerja di ladang selama musim panas dan musim dingin. Kami memanen terong di musim panas dan bayam di musim dingin,” jelas mereka.

Nenek-nenek yang lincah ini mengatakan panen adalah sumber awet muda bagi mereka.

“Kami sudah bekerja di ladang seperti ini selama delapan tahun. Ketika kami duduk di rumah, kami sakit. Kami menjadi hidup ketika bekerja di ladang,” kata mereka.

Sumber: Daily Sabah

Leave a Response

error: Content is protected !!