Friday, July 10, 2020
Timur Tengah

Anak-anak utara Suriah kembali belajar setelah Turki renovasi sekolah

TURKINESIA.NET – TAL ABYAD. Berkat upaya Turki yang terus berusaha untuk mengembalikan kehidupan normal bagi penduduk utara Suriah, para siswa Suriah akhirnya dapat melanjutkan studi mereka di sekolah-sekolah yang baru saja direnovasi.

“Anak-anak Suriah di daerah yang dicakup oleh Operasi Peace Spring mengalami kegembiraan bisa kembali ke sekolah, berkat bantuan dan upaya Turki,” tulis Kementerian Pertahanan Nasional Turki di Twitter, Senin [30/12].

Awal bulan ini, sebuah sekolah di kota Tal Abyad di utara Suriah dibuka kembali setelah selesai proses renovasi. Renovasi dilakukan oleh Kementerian Pertahanan Nasional dan gubernur Şanlıurfa di tenggara Turki. Sekolah ini memiliki enam ruang kelas dan 115 siswa dan sebelumnya rusak parah oleh serangan teroris YPG.

Pada 9 Oktober, Turki meluncurkan Operasi Peace Spring untuk menghilangkan unsur-unsur teroris YPG di sebelah timur Sungai Efrat guna mengamankan perbatasan Turki, membantu kembalinya pengungsi dengan aman dan memastikan integritas teritorial Suriah.

Setelah pembebasan kota-kota utama di daerah itu, banyak sekolah diketahui telah diubah menjadi pangkalan militer oleh YPG, beberapa di antaranya bahkan telah digali terowongan untuk tempat persembunyian teroris dan jalur melarikan diri. Oleh karena itu upaya ekstensif diluncurkan untuk memperbaiki dan merenovasi sekolah serta melanjutkan kegiatan pendidikan di wilayah tersebut.

Sumber: Daily Sabah

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x