Thursday, July 2, 2020
Kisah

Kisah bocah pengungsi Afghanistan yang tinggal di Turki, kejar impian jadi dokter

TURKINESIA.NET – EDIRNE. Seorang bocah Afganistan yang diambil di bawah perlindungan negara oleh Turki bermimpi menjadi seorang dokter suatu hari nanti.

“Menjadi dokter adalah impian seumur hidup saya. Turki telah menjadi rumah kedua saya dengan memberikan kesempatan ini kepada saya,” kata Ayed Mohamed Mousa.

Dua tahun lalu, pemuda 17 tahun itu ditahan oleh pasukan keamanan Turki ketika ia berusaha menyeberangi perbatasan Turki ke Eropa.

Dia diambil di bawah perlindungan negara karena masih di bawah umur.

Moussa terlahir di keluarga miskin yang bermigrasi dari Afghanistan ke Iran untuk mencari kehidupan yang lebih baik. Selanjutnya, mereka ingin menyeberang ke Turki kemudian ke Eropa.

Tapi semuanya tidak berjalan sesuai rencana. Hanya Moussa yang mampu melintasi perbatasan ke Turki. Meninggalkan keluarganya, dia mencapai kota perbatasan Edirne Turki untuk menyeberang ke Yunani.

Dia tidak menyadari bahwa penahanannya oleh penjaga perbatasan Turki akan mengubah hidupnya menjadi lebih baik.

“Ketika saya datang ke Turki, saya bertemu banyak orang baik dan mencintai mereka. Semua orang mendukung saya dalam pencarian saya untuk mendapatkan pendidikan, termasuk guru, kepala sekolah dan gubernur Edirne. Berkat mereka, saya memiliki pendidikan yang baik,” katanya.

Moussa mengatakan dia merasa berhutang budi ke Turki dan ingin melayani orang-orang Turki sebagai dokter.

“Saya ingin membalas kebaikan dan bantuan rakyat Turki,” katanya.

Bilgin Ozbas, Direktur Keluarga, Tenaga Kerja dan Layanan Sosial di Edirne, mengatakan Moussa diterima di Turki sebagai bagian dari inisiatif negara untuk menyediakan perlindungan bagi anak-anak yang tidak punya keluarga.

Dia mengatakan Moussa belajar bahasa Turki dalam dua tahun dan telah menjadi siswa paling sukses di sekolahnya.

Sumber: Yeni Safak

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x