Wednesday, February 26, 2020
Timur Tengah

Turki berencana bangun kawasan pengungsi di utara Suriah

TURKINESIA.NET – ANKARA. Ankara akan membangun model area di dalam zona aman di utara Suriah yang dibebaskan dari teroris dalam Operasi Mata Air Perdamaian Turki, ungkap Wakil Presiden Fuat Oktay.

“Kami sedang berencana membangun daerah di mana warga Suriah dapat tinggal dan masyarakat Suriah di Turki dapat kembali secara sukarela ke negara mereka,” ungkap Oktay kepada Anadolu Agency pada Rabu.

Wapres Turki mengatakan pihaknya sedang merencanakan pembangunan area untuk pengungsi Suriah pada 2020 yang dapat berfungsi sebagai model, setidaknya secara fisik.

Dia menekankan upaya ini membutuhkan dukungan keuangan internasional.

“Kita harus menciptakan solusi di dalam wilayah Suriah. Kita tidak bisa menghadapi masalah yang disebabkan oleh dunia sendiri, ” tambah Oktay.

Turki meluncurkan Operasi Mata Air Perdamaian pada 9 Oktober untuk mengusir teroris YPG/PKK dari utara Suriah, mengamankan perbatasan Turki, membantu repatriasi yang aman bagi para pengungsi Suriah, serta menjamin integritas wilayah Suriah.

Di bawah dua kesepakatan terpisah dengan Amerika Serikat dan Rusia, Turki menghentikan operasi itu untuk memungkinkan penarikan teroris YPG/PKK dari zona aman Suriah.

Dalam lebih dari 30 tahun kampanye terornya melawan Turki, PKK -yang terdaftar sebagai organisasi teroris oleh Turki, AS, dan Uni Eropa- bertanggung jawab atas kematian 40.000 jiwa, termasuk perempuan, anak-anak, dan bayi.

YPG adalah cabang PKK yang berbasis di Suriah.

Sumber: Anadolu Agency Indonesia

Leave a Response

error: Content is protected !!