Sunday, January 19, 2020
Timur Tengah

Setelah Turki bersihkan kelompok teror di utara Suriah, 20.000 siswa kembali ke bangku sekolah

TURKINESIA.NET – ANKARA. Selama bertahun-tahun, sekitar 20.000 siswa kehilangan pendidikan karena kelompok teroris YPG / PKK menduduki utara Suriah. Kini para siswa kembali ke bangku sekolah setelah daerah itu dibebaskan dari para teroris, kata pejabat Turki, Jumat [10/01].

Siswa-siswa di Tal Abyad dan Ras al-Ayn, kedua kota itu telah dibersihkan dari teroris melalui operasi anti-teror “Peace Spring” di utara Suriah, memulai pendidikan mereka di sekolah-sekolah yang telah direnovasi di bawah kantor gubernur provinsi Sanliurfa, wilayah tenggara Turki yang berbatasan dengan Suriah, melalui Pusat Dukungan dan Koordinasi Suriah (SUDKOM), kata sebuah pernyataan oleh kantor tersebut.

Pernyataan itu menambahkan, 790 guru dan 15.200 siswa melanjutkan pendidikan di 160 sekolah di Tal Abyad dan sekitar 172 guru dan 4.720 siswa memenuhi 20 sekolah di kota Ras al-Ayn.

The Ataa Humanitarian Aid Association atau Asosiasi Bantuan Kemanusiaan Ataa, berkoordinasi dengan Direktorat Manajemen Bencana dan Darurat Turki (AFAD), mendistribusikan sekitar 75 generator listrik diesel dan 3.330 liter (sekitar 880 galon) bahan bakar ke sekolah-sekolah.

Sejumlah kegiatan olahraga dan sosial juga disediakan di sekolah oleh lembaga terkait di daerah tersebut.

 

Operasi anti-teror Turki

Turki meluncurkan Operation Peace Spring pada 9 Oktober untuk melenyapkan teroris YPG / PKK dari utara Suriah di sebelah timur Sungai Efrat untuk mengamankan perbatasan Turki, membantu kembalinya pengungsi Suriah dengan aman dan memastikan integritas teritorial Suriah.

Sumber: Anadolu Agency

Leave a Response

error: Content is protected !!