Friday, July 10, 2020
Eropa

Turki sampaikan belasungkawa kepada Ukraina atas korban pesawat jatuh ditembak Iran

TURKINESIA.NET – ANKARA. Menteri luar negeri Turki pada hari Jumat menyampaikan belasungkawa kepada Menlu Kanada atas jatuhnya pesawat awal pekan ini di Iran, kata satu sumber diplomatik.

Mevlut Cavusoglu berbicara dengan Francois-Philippe Champagne melalui telepon atas tewasnya 63 orang Kanada dalam penerbangan itu, kata sumber itu, yang meminta tidak disebutkan namanya karena pembatasan berbicara kepada media.

Pesawat Boeing 737 milik Ukraine International Airlines jatuh di dekat Bandara Imam Khomeini tepat setelah lepas landas pada hari Rabu.

Iran akhirnya mengakui bahwa pesawat Ukraina “secara tidak sengaja” terkena rudal Iran awal pekan ini.

Dalam sebuah pernyataan tertulis, pejabat tinggi militer mengatakan sebagai akibat dari “kesalahan manusia”, pesawat itu secara tidak sengaja ditembak jatuh oleh sistem pertahanan udara ketika sedang melewati “titik militer yang sensitif”.

Iran waspada terhadap kemungkinan ancaman AS untuk menyerang banyak titik di Iran setelah meluncurkan selusin rudal balistik yang menargetkan pasukan AS di Irak, kata dia.

Di bawah kondisi-kondisi sensitif dan krisis ini, pesawat itu mendekati pusat militer Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC) yang rapuh, dan ketinggian serta sikapnya tampak bermusuhan, kata dia.

Pesawat yang dimaksud tidak sengaja ditargetkan dalam kondisi ini, tambah dia.

“Investigasi internal Angkatan Bersenjata telah menyimpulkan bahwa misil ditembakkan karena kesalahan manusia, menyebabkan jatuhnya pesawat Ukraina dan kematian 176 orang tak bersalah,” kata Presiden Hassan Rouhani di Twitter.

“Republik Islam Iran sangat menyesali kesalahan yang menghancurkan ini. Pikiran dan doa saya ditujukan kepada semua keluarga yang berkabung. Saya mengucapkan belasungkawa yang tulus,” kata Rouhani.

“Penyesalan mendalam kami, permintaan maaf dan belasungkawa kepada rakyat kami, kepada keluarga semua korban, dan kepada negara-negara yang terkena dampak lainnya,” kata Menteri Luar Negeri Iran Javad Zarif.

“Kesalahan manusia pada saat krisis disebabkan oleh avonturisme AS yang menyebabkan bencana,” kata dia di Twitter.

Kantor Berita Fars, Jumat, mengatakan penyebab kecelakaan itu akan diumumkan setelah pertemuan para penyelidik kecelakaan, termasuk para ahli dari Iran dan luar negeri.

AS, Inggris, dan Kanada mengatakan Kamis bahwa mereka memiliki bukti yang menunjukkan rudal darat-ke-udara Iran menembak jatuh pesawat penumpang Ukraina International Airlines.

Pesawat Boeing 737-800 jatuh tak lama setelah lepas landas dari Bandara Internasional Imam Khomeini Teheran, beberapa jam setelah IRGC meluncurkan lebih dari selusin rudal balistik ke pangkalan pasukan AS di Irak sebagai pembalasan atas pembunuhan elit militer Iran Qasem Soleimani.

Sumber: Anadolu Agency

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x