Saturday, July 11, 2020
Timur Tengah

Erdogan: Jika Assad terus langgar gencatan senjata, Turki akan intervensi

TURKINESIA.NET – ANKARA. Di saat 400.000 warga sipil menuju ke perbatasan Turki di tengah serangan rezim Assad, Turki bertekad untuk turun tangan guna mencegah serangan yang melanggar gencatan senjata di Idlib Suriah, kata Presiden Recep Tayyip Erdoğan, Selasa [14/01].

“Kami berharap gencatan senjata di Idlib Suriah akan berlangsung lama. Turki bertekad untuk mencegah serangan rezim Assad yang melanggar gencatan senjata,” kata Erdogan saat pertemuan kelompok parlemen Partai Keadilan dan Pembangunan (AK) di Ankara.

Erdogan menambahkan bahwa operasi anti-teror Turki di Suriah memungkinkan Ankara menghancurkan koridor teror di wilayah tersebut.

Presiden menegaskan bahwa ada perbedaan serius antara janji yang dibuat ke Turki mengenai Suriah dan situasi aktual di lapangan.

Erdogan telah memberi tahu pihak-pihak terkait bahwa Turki akan melanjutkan operasi jika diperlukan.

“Selama situasi di Suriah terus menjadi masalah kelangsungan hidup, tidak mungkin bagi kami untuk mengambil langkah mundur,” tambahnya.

Menyinggung kegagalan komunitas internasional untuk mengambil tindakan terhadap Idlib, Erdogan mengatakan Turki akan terus menegakkan gencatan senjata.

Erdogan juga mengatakan bahwa Turki berencana untuk membuka gerbang perbatasan baru di Akçakale untuk pengalihan bantuan kemanusiaan ke Suriah, meskipun AS belum menyetujui rencana Turki.

Sumber: Daily Sabah

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x