Monday, February 17, 2020
Afrika

Erdogan: Turki akan mulai eksplorasi gas di Mediterania tahun ini

TURKINESIA.NET – ANKARA. Turki akan mulai mengeksplorasi gas di Mediterania timur tahun ini, setelah menandatangani kesepakatan maritim dengan Libya, kata Erdogan dalam sebuah pertemuan evaluasi kinerja tahunan untuk tahun 2019, Kamis [16/01].

“Kami akan memulai kegiatan pencarian dan pengeboran sesegera mungkin pada tahun 2020 setelah mengeluarkan izin untuk area tersebut,” katanya. Erdogan menambahkan bahwa kapal eksplorasi seismik Turki Oruç Reis akan segera dikerahkan untuk operasi tersebut.

“Di daerah bersama antara Turki dan Libya, sekarang secara hukum tidak mungkin ada kegiatan eksplorasi dan pengeboran atau pipa tanpa persetujuan kedua belah pihak,” katanya.

Pada bulan November, Turki menandatangani dua nota kesepahaman dengan kepala Pemerintah Kesepakatan Nasional (GNA) Libya, Fayez al-Sarraj, pakta militer dan kesepakatan maritim.

“Mereka mencoba menerapkan skenario untuk memenjarakan negara kita di Laut Mediterania. Kami mengakhiri permainan ini dengan perjanjian yang kami buat bersama Siprus Turki dan kemudian Libya, ”katanya.

Turki siap untuk mencapai peningkatan baru pada tahun 2020 dengan melindungi hak-haknya, terutama di Mediterania timur, kata Erdogan.

“Melalui penguatan tingkat produksi, ekspor, dan lapangan kerja serta melindungi hak-hak kami di garis depan internasional, terutama di kawasan Mediterania, kami membuka pintu-pintu periode peningkatan   baru,” Presiden menekankan.

Erdogan menekankan bahwa tahun ini Turki akan menunjukkan pencapaian bersejarahnya untuk kebebasan dan masa depannya terlepas dari berbagai keadaan. Ia juga menekankan bahwa serangan terhadap Turki telah meningkat secara tak terduga dalam beberapa tahun terakhir dan Turki akan terus menggagalkan mereka.

Sumber: Hurriyet Daily News

Leave a Response

error: Content is protected !!