Monday, July 6, 2020
Tokoh

Kehidupan legenda sepak bola Turki akan difilmkan

TURKINESIA.NET – TOKOH. Kehidupan Lefter Küçükandonyadis, salah satu pemain sepak bola Turki dan klub Fenerbahçeakan diadaptasi menjadi sebuah film.

Özcan Katmer, cucu Küçükandonyadis, mengatakan bahwa kehidupan kakeknya, yang meninggal pada 13 Januari 2012, akan diceritakan dalam sebuah film.

Berbicara kepada Anadolu Agency (AA), Katmer menekankan bahwa film ini akan menjadi produksi penting tidak hanya untuk Fenerbahçe tetapi juga untuk dunia sepak bola Turki. Proyek film tersebut telah diajukan baru-baru ini.

Katmer berkata: “Kami mulai memikirkan film seperti itu beberapa waktu lalu. Kami membahas di keluarga dan ide itu disambut. Kami ingin nenek saya melihat film ini ketika dia masih hidup. Saya pikir itu akan menjadi sesuatu yang indah… Kami akan mencoba membuat sesuatu yang sesuai dengan klub Fenerbahçe dan Turki.”

Terkait rincian film, Katmer mengatakan itu akan menjadi sebuah film biografi. “Akan ada gambar-gambar kehidupan Lefter mulai dari masa kecilnya, tantangannya, asuhannya dan hidupnya di Büyükada. Akan ada wawancara, dan skenario akan ditulis sesuai,” katanya.

Ia juga menggarisbawahi: “Ini bukan proyek jangka pendek, kami akan membahasnya dengan terperinci. Kami berencana untuk menyelesaikannya sekitar tahun 2022 dan 2023.”

Katmer mengatakan dukungan Fenerbahçe akan menjadi “krusial” bagi keberhasilan film tersebut. Mereka belum membicarakan proyek tersebut dengan klub.

“Saya pikir Presiden [klub Fenerbahce] Ali Koç akan positif tentang ini. Dia selalu mendukung kami. Komunitas kami juga berterima kasih,” katanya.

Küçükandonyadis lahir pada 22 Desember 1925. Dia meninggalkan jejaknya di sepakbola Turki dan meraih banyak kejuaraan saat bermain untuk Fenerbahçe dari tahun 1947 hingga 1964. Küçükandonyadis mencetak 423 gol dalam 615 pertandingan yang dia mainkan untuk Fenerbahçe dan bermain 50 kali untuk Timnas Turki. Sepanjang karirnya, ia mencetak 832 gol. Ia menjadi salah satu pemain sejarah sepakbola Turki yang tak terlupakan.

Küçükandonyadis, dijuluki Profesornya para profesor, juga bermain untuk Fiorentina Italia dan Nice Prancis. Dia juga seorang pelatih sepakbola di Johannesburg selama satu tahun.

Setelah berhenti dari sepakbola pada musim 1965-1966, Küçükandonyadis menjabat sebagai pelatih sepak bola untuk Samsunspor, Boluspor, Orduspor, Sivasspor dan Mersin İdmanyurdu. Ia salah satu atlet andalan terbesar dalam sejarah klub Fenerbahçe Club. Ia meninggal di Istanbul pada usia 86 tahun.

Sumber: Daily Sabah

 

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x