Monday, February 17, 2020
Indonesia-Turki

KTT pelajar ASEAN di Turki soroti problematika dunia Islam

TURKINESIA.NET – JAKARTA. Para mahasiswa ASEAN di Turki mengadakan KTT Pelajar auntuk membahas problematika dalam dunia Islam, khususnya yang terjadi di kawasan.

Darlis Aziz, wakil direktur program KTT Pelajar ASEAN, mengatakan acara ini digelar untuk memperkuat solidaritas di antara sesama pelajar ASEAN.

Beberapa topik yang dipilih antara lain krisis keamanan dan demokrasi yang terjadi di ASEAN dan masalah Kashmir, Rohingya, Filipina Selatan, dan Uyghur.

“Dalam kasus Filipina selatan, kami membahas soal pemerintahan otonom di Wilayah Bangsamoro,” kata Darlis dalam keterangan kepada Anadolu Agency pada Jumat.

Darlis mengatakan sejumlah mahasiswa ASEAN hadir dalam KTT kali ini antara lain Indonesia, Malaysia, Filipina, dan Singapura.

Sejumlah peneliti juga hadir untuk membahas isu HAM dan krisis kemanusiaan di ASEAN seperti Jing Paz dari Universitas Ankara Haci Bayram Veli, Sara Lefsay dari Universitas Ibnu Haldun, Istanbul dan Fahad Shahzad Waraich dari Universitas Marmara, Istanbul.

“Hasil diskusi ini menyimpulkan bahwa konflik antara negara tetangga saat ini terjadi karena kurangnya toleransi dan rasa saling tidak hormat,” ujar pria asal Aceh yang juga Ketua PPI Turki ini.

Menurut Darlis, negara-negara ASEAN dan Semenanjung Laut Cina Selatan adalah daerah multikultural di mana ada banyak agama, sejarah, dan warisan budaya.

“Karena itu, toleransi adalah hal utama yang harus dikedepankan di era post-modern ini,” ujar dia.

Pada bagian akhir KTT, para pelajar Asia Tenggara ini mendeklarasikan ASEAN Students Association in Turkey (ASSAT) sebagai wadah pelajar ASEAN di Turki.

Hadir dalam KTT ini antara lain Konsul Jenderal Republik Indonesia di Istanbul Imam As’ari, Wakil Rektor Universitas Fatih Sultan Mehmet Prof. Dr. Fahameddin Basar, dan asisten profesor Universitas Ibnu Haldun Mehmet Ozay, dan pewakilan Konsulat Jenderal Filipina di Istanbul Ruby Banson.

Sumber: Anadolu Agency Indonesia

Leave a Response

error: Content is protected !!