Monday, February 17, 2020
Teknologi

Erdogan: Pesawat tempur nasional adalah respon terbaik untuk yang mengancam Turki

TURKINESIA.NET – KIRIKKALE. Turki mengembangkan pesawat perangnya  sendiri merupakan tanggapan terbaik bagi mereka yang mengancam keterlibatannya dalam program jet tempur F-35, kata presiden Erdogan pada hari Rabu [05/02].

“Saya berharap pesawat perang kami, yang akan menjadi buatan sendiri di setiap tahap desain dan produksi, akan diluncurkan dari hanggar pada tahun 2023,” kata Recep Tayyip Erdogan pada upacara pembukaan fasilitas amunisi baru di provinsi Kirikkale pusat.

Akuisisi Turki atas sistem pertahanan udara Rusia S-400 yang canggih mendorong AS menghapus Turki dari program F-35 pada bulan Juli. AS berpendapat bahwa sistem tersebut dapat digunakan oleh Rusia untuk secara diam-diam mendapatkan rincian rahasia pada jet F-35 dan tidak sesuai dengan sistem NATO.

Turki membantah dengan mengatakan bahwa S-400 tidak akan diintegrasikan ke dalam sistem NATO dan tidak akan menimbulkan ancaman bagi aliansi.

Erdogan menekankan pentingnya sistem pertahanan udara dengan mengungkapkan bahwa situasi yang dihadapi Turki di Libya dan Suriah menunjukkan lebih banyak perhatian harus diberikan pada pertahanan rudal.

Dia mengulangi upaya Turki untuk mengembangkan industri pertahanan domestiknya dengan menempatkan sistem rudal pertahanan udara Hisar-A di sepanjang perbatasan Suriah untuk mengatasi kesenjangan.

Sumber: Yeni Safak

Leave a Response

error: Content is protected !!