Wednesday, September 30, 2020
Indonesia-Turki

Tank tempur buatan Turki-Indonesia pikat banyak pembeli, akan segera produksi massal

TURKINESIA.NET – ANKARA. Produksi massal  Tank Harimau atau disebut juga Tank Medium Modern KAPLAN MT produk dari proyek bersama yang dilakukan di Turki oleh perusahaan pertahanan terkemuka yang berbasis di Ankara dan perusahaan pertahanan Indonesia [PT. Pindad] telah dimulai. Sementara itu pihak-pihak yang terlibat dalam produksi telah melakukan pertemuan baru untuk menyepakati ekspor kendaraan.

Kendaraan ini awalnya dikembangkan untuk memenuhi permintaan angkatan bersenjata Indonesia untuk sebuah tank modern berbobot sedang dan diproduksi oleh pabrikan kendaraan lapis baja terkemuka Indonesia PT Pindad dan FNSS Defense Industries Company milik Turki.

Nail Kurt, manajer umum dan CEO FNSS, mengatakan kepada Anadolu Agency (AA) bahwa FNNS menyelesaikan kontrak pada bulan terakhir tahun 2019 untuk produksi massal 18 tank KAPLAN MT. Dia menambahkan bahwa sebuah prototipe akan dikirim pada akhir tahun ini, sementara sisa kendaraan direncanakan akan dikirimkan pada tahun 2021.

“Kami mengharapkan pesanan tambahan dalam tahun ini dan pada 2021 dalam lingkup pekerjaan yang dianggarkan,” tambahnya.

Nail Kurt menyatakan bahwa kendaraan itu lebih ringan daripada tank tempur utama tetapi kekuatan tumbukannya hampir setara dengan itu. Keunggulan itu memungkinkannya untuk mudah beroperasi dengan pasukan infanteri. Dia juga menambahkan bahwa fitur tank ini menarik pelanggan global karena keuntungannya yang tinggi dalam lingkungan perang asimetris.

Kendaraan ini tidak hanya dikembangkan untuk Indonesia tetapi untuk memenuhi kebutuhan Turki dan negara-negara sekutu, katanya.

 

Ekspor ke negara lain sedang dibahas

Nail Kurt mengatakan bahwa proyek tersebut termasuk transfer teknologi. Ia menekankan bahwa di bawah cakupan proyek, FNSS memberikan lisensi kepada perusahaan Indonesia yang memungkinkan untuk melakukan kontrak ekspor kendaraan.

Kurt mencatat bahwa pihak produsen saat ini melakukan kontak dengan dua negara lain untuk penjualan tank.

KAPLAN MT ditenagai oleh power pack yang terletak di bagian belakang kendaraan, yang menghasilkan Rasio tenaga terhadap berat sekitar 20 HP / ton. Mesin mentransfer tenaga ini ke sistem penggerak, yang memiliki sistem suspensi enam roda, anti-guncangan dengan trek dua pin yang dipasang pada batang torsi.

Kendaraan ini menyatukan platform teknologi modern yang canggih dengan daya tembak yang unggul, didukung oleh sistem manajemen medan perang dan sistem peringatan laser, memberikan dukungan taktis kepada komandan.

Firepower disediakan oleh menara CMI Cockerill 3105, terintegrasi dengan Kaliber meriam 105mm, laras panjang dan autoloader canggih. Berkat menara ini, MT KAPLAN memiliki daya tembak tinggi meskipun bobotnya relatif rendah.

Kendaraan yang memiliki perlindungan ranjau dan balistik untuk kelasnya, dengan cepat merespons ancaman di lapangan dan menawarkan daya tembak yang memadai selama periode waktu singkat, yang pada gilirannya, memastikan kemampuan bertahan dan mobilitas yang unggul di medan perang.

Sumber: Daily Sabah/Wikipedia

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x