Monday, February 17, 2020
Lifestylerekomendasi

Warga Turki tebar ribuan roti di gunung untuk hewan liar, dipercaya cegah bencana

TURKINESIA.NET – ERZURUM. Beberapa pedagang di provinsi timur Erzurum menyisakan 2.001 roti untuk hewan liar di daerah pegunungan di mana tempat  Pir Ali Baba, seorang ulama yang dianggap keramat.

Perbuatan sedekah untuk hewan di tempat seperti itu  diyakini oleh penduduk setempat akan menangkal peristiwa seperti gempa bumi, longsoran salju, dan kecelakaan pesawat yang terjadi di Turki dalam beberapa hari terakhir.

“1,001 Hatim,” [khataman Alquran] merupakan tindakan membaca kitab suci Alquran dari awal hingga akhir 1001 kali bermula 487 tahun yang lalu oleh Pir Ali Baba untuk melindungi Erzurum dari bencana alam.

Acara dilanjutkan dengan doa-doa yang dibacakan di berbagai masjid selama sebulan.

Pada hari-hari hatim saat itu, 1.001 roti telah ditinggalkan untuk hewan-hewan liar di gunung tempat makam itu berada.

Tetapi sekarang setelah Turki dihantam lagi dengan gempa bumi, longsoran salju, kecelakaan pesawat dan bentrokan baru-baru ini di Suriah dalam beberapa hari terakhir, penduduk setempat kali ini meninggalkan 2.001 roti.

Muhittin Olçun, salah satu warga yang meninggalkan roti di alam mengatakan bahwa orang-orang harus menjaga satwa liar.

“Hewan liar yang tidak dapat menemukan makanan di alam bahkan datang ke pusat kota. Serigala lapar pergi ke desa-desa dan membunuh anjing-anjing. Babi masuk pasar di provinsi Bursa [barat],” kata Olçun.

“Masyarakat yang tidak memberikan kedamaian bagi hewan juga tidak bisa menemukan kedamaian. Hewan-hewan yang hidup di alam sebenarnya dipercayakan kepada kita. Jadi, kita harus merawat mereka,” katanya.

Sumber: Hurriyet Daily News

Leave a Response

error: Content is protected !!