Monday, February 17, 2020
Indonesia-TurkiPendidikan

Universitas Istanbul buka penerimaan mahasiswa baru

TURKINESIA.NET – ISTANBUL. Universitas Istanbul mengumumkan dibukanya pendaftaran untuk ujian penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2020-2021. Ujian ini diadakan oleh pihak Universitas setiap tahunnya. Pelaksanaan ujian di beberapa tempat di luarnegeri sudah dilakukan beberapa tahun belakangan. Tahun ini akan diadakan serentak di 34 kota di 21 negara, dimana Jakarta termasuk di antaranya.

Menurut Ass. Prof Zekai Kardaş, kordinator pelaksanaan ujian ini, kuota untuk pelajar tamu (non turki) di setiap jurusan adalah 10 %.  Calon mahasiswa dari Indonesia silahkan berkompetisi untuk memenuhi kuota tersebut, tukasnya. Tambahan lagi, menurutnya mahasiswa Indonesia mempunyai reputasi baik di kampusnya, sehingga calon mahasiswa dari Indonesia bisa saja diberi kuota tambahan di atas 10 % tersebut.

“Kami mungkin bisa menambahkan dua mahasiwa dari Indonesia di setiap jurusan, di luar kuota mahasiswa asing 10 % tersebut” katanya menambahkan.

Kampus yang mula berdiri pada 1453 di masa Sultan Muhammad al-Fatih ini, merupakan kampus tertua dan termasuk dalam senarai 5 besar kampus terbaik Turki. Universitas yang juga terbesar ini, menaungi 16 fakultas, beberapa institut dan sekolah tinggi. Ujian yang diadakan untuk strata sarjana (s1) ini, dibuka untuk penerimaan di semua fakultas seperti Ilmu Politik, Hukum, Ekonomi, Manajemen, Komunikasi, Teologi, Sastra, Kedokteran, Farmasi, Teknik, dan Arsitektur. Tambahan lagi, hasil test yang diperoleh, selain untuk memasuki Universitas Istanbul sendiri, juga berlaku dan diterima untuk memasuki berbagai universitas lain di Turki. “Ada hampir seratus universitas yang tersebar di berbagai provinsi Turki yang mau menerima hasil ujian kami” tegas Zekai Kardaş.

Pendaftaran telah dibuka sejak 6 Januari lalu, dan akan berakhir pada 6 Maret mendatang. Setiap calon mahasiswa bisa mendaftar secara langsung lewat laman khusus aplikasi online yang disediakan oleh pihak kampus di alamat: https://yos.istanbul.edu.tr/en/_ . Ujian dilakukan menggunakan salah satu dari 6 bahasa: Arab, Inggris, Perancis, Jerman, Rusia dan Turki. Pendaftaran dikenakan biaya yang bisa ditransfer langsung ke rekening milik kampus. Informasi lebih lengkap, bisa didaapt di buku panduan yang bisa diunduh dari laman yang terera di atas.

Beberapa tanggal dan informasi penting terkait pelaksanaan ujian Universitas Istanbul:

Pendaftaran: 6 Januari – 6 Maret 2020. Ditutup Jum’at pukul 17.00 (waktu Turki)

Pelaksanaan Ujian: 11 April 2020. Bertepatan Sabtu pukul 15:00 (waktu Turki)

Pengumuman hasi ujian akan dibuka aksesnya kepada para peserta pada 14 April 2020

Pemilihan jurusan: 15 Juni 2020 (Senin)

Pengumuman penentuan penempatan pada 8 Juli 2020 (Rabu)

Biaya pendaftaran: 80 Lira Turki, atau 15 USD.

Laman pendaftaran: https://yos.istanbul.edu.tr/en/_

Leave a Response

error: Content is protected !!