Monday, February 17, 2020
TerpopulerTimur Tengah

Reporter Assad yang hina pasukan Turki dan Erdogan kena rudal

TURKINESIA.NET – ALEPPO. Kendaraan seorang reporter yang bekerja untuk agensi negara Suriah ditembak dengan rudal oleh Tentara Nasional Suriah [SNA] di Aleppo barat, Suriah.

Shadi Helwa, seorang reporter lapangan di kantor berita SANA yang merupakan juru bicara rezim Assad, sebelumnya telah merekam video di depan titik pengamatan Turki di Suriah sambil menghina pasukan Turki dan rakyatnya.

Reporter itu yang menyebut tentara Turki sebagai “tikus”, sebelumnya juga telah menghina Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

Setelah serangan terhadap kendaraannya, ia muncul di depan rumah sakit dengan wajah terluka.

Pekan lalu, serangan rezim Assad di Idlib menewaskan tujuh tentara Turki dan satu kontraktor sipil yang bekerja dengan militer Turki dan melukai lebih dari belasan orang. Erdogan menekankan bahwa jumlah korban dari pihak Turki di Idlib mencapai 14, sementara 45 tentara terluka dalam serangan itu.

Sebagai balasan, Turki menyerang target rezim Assad dan membunuh puluhan tentara Suriah.

Idlib telah menjadi kubu oposisi dan kelompok bersenjata anti-pemerintah sejak pecahnya perang sipil Suriah pada tahun 2011.

Pada bulan September 2018, Turki dan Rusia sepakat untuk mengubah Idlib menjadi zona de-eskalasi di mana tindakan agresi secara tegas dilarang.

Tetapi lebih dari 1.800 warga sipil di sana telah tewas dalam serangan-serangan oleh rezim dan pasukan Rusia sejak itu, mengabaikan gencatan senjata 2018 dan yang baru yang dimulai pada 12 Januari.

Lebih dari 1,7 juta warga Suriah telah bergerak di dekat perbatasan Turki karena serangan hebat selama setahun terakhir.

Turki tetap menjadi negara dengan pengungsi terbanyak di dunia, menampung lebih dari 3,7 juta warga Suriah sejak dimulainya perang sipil Suriah.

Sumber: Yeni Safak

Leave a Response

error: Content is protected !!