Sunday, August 9, 2020
Indonesia-Turki

Eda, gadis Turki yang merindukan Aceh dan Indonesia

Namanya Edanur Yıldız. Seorang gadis Turki yang berasal dari Trabzon dan kini tinggal di kota Bursa.

Berbeda dengan gadis Turki lainnya, Eda sangat mengenal Aceh dan juga Indonesia.
Di usianya yang masih muda, 18 Tahun, Eda banyak memiliki teman dari Aceh dan Indonesia. Mengenal Aceh baginya adalah karena ada ikatan sejarah yang kuat. Eda membaca Sejarah Aceh dan hubungannya dengan Turki dalam bingkai khilafah Utsmaniyah.

“Saya menyukai Turki dan saya mencintai negara Indonesia. Sedangkan Aceh adalah saudara kandung Turki” katanya suatu kali. Matanya berbinar.
“Indonesia adalah tanah air kedua bagi saya. Negeri yang indah dan masyarakatnya ramah.

Banyak teman-teman saya yang berasal dari Indonesia. Sebagian mereka adalah pelajar atau mahasiswa. Saya menjumpai mereka di Turki atau saat ibadah umroh di Makkah dan Madinah”

Eda, perempuan muda berhijab aktif di sosial media, khususnya instagram. Dari sana ia banyak mendapatkan teman Aceh dan Indonesia.

“Alhamdulillah, hubungan saya dengan sahabat-sahabat Indonesia sangat baik. Bahkan akun instagram yang saya miliki sering kali mendapat komentar dari teman teman Indonesia. Seolah saya adalah keluarga mereka dan saya pun demikian. Saya memberikan ‘like’ untuk postingan teman-teman.” katanya gembira.

Untuk berkomunikasi, dirinya tidak mengalami kesulitan untuk menterjemahkan postingan teman Indonesia, baik saat chating di Instagram maupun di WhatsApp. Ada aplikasi translate Turki-Indonesia dan bisa juga bertanya kepada teman-teman Indonesia yang ada di Turki.

Eda mengikuti perkembangan kondisi sosial politik di Indonesia. Ia juga kerap hadir dalam acara Indonesia di konsulat Indonesia di Turki. Di sana banyak bertemu teman-teman Aceh dan Indonesia.

Sebagai seorang muslimah yang baik, Eda merasa harus tahu kondisi saudaranya di dunia termasuk di indonesia.

“Saya ikuti informasi pilkada di Jakarta . Termasuk aksi damai 212 yang luar biasa. Bahkan nama Anies-Sandi sudah tidak asing di telinga saya” katanya tersenyum.

“Dari Turki saya mendoakan rakyat Indonesia. Mungkin begitu juga dengan rakyat Indonesia yang merasa Erdogan adalah saudara kandung mereka. Saya bahagia saat Indonesia mendoakan negeri kami dan pemimpin kami”. Kata Eda.

Seolah setiap waktu Indonesia dan Turki adalah keluarga yang tidak bisa dipisahkan. Dirinya berharap suatu saat akan dapat kunjungi Indonesia.

“Saya ingin segera pergi ke Indonesia dan mengajar di sebuah sekolah desa di sana. Saya berdoa semoga Allah mudahkan semua. Allah lebih tau yang terbaik untuk saya”. Kata Eda lagi.Eda pernah memposting profil ‘Abu Erdogan’ di akun Instagramnya. Abu Erdogan adalah panggilan Teuku Zulkhairi, seorang Aktivis di Aceh yang pernah viral di media Turki karena memberi nama anaknya Erdogan dan Erbakan, dua nama pemimpin besar Turki.

“Saya juga memiliki saudara dan keluarga di Aceh. Brother Nourman dan keluarganya seperti keluarga saya sendiri. Dia berbakat dalam melukis dan menulis. Pertama kali saya tertarik dengan lukisan dan postingannya tentang Turki. Saya bertanya, are you moslem? Saya berharap sukses untuknya. Saya berharap Brother Nourman bisa buat pameran Aceh-Turki di negeri saya”. Katanya berharap.

Yang menariknya, Eda juga mengikuti informasi pernikahan Muzammil Hasballah yang viral di sosial media.

“Saya mengikuti prosesi pernikahan Muzammil Hasballah dan istrinya Sonia. Semua berita tentang mereka viral sehingga saya menghayal bisa berjumpa kak Sonia. Bahkan saya membuat grafis menggunakan photoshop seolah sedang berphoto bersama kak sonia” katanya tertawa.

“Tapi tak lama berselang, akhirnya saya bisa bertemu mereka di Turki. Sonia adalah idola saya. Sebentar lagi saya menjadi bibi bagi anak sonia” kata Eda bangga.

Saat ini Eda masih bersekolah di sekolah agama Imam Hatib khusus perempuan Anatolia. Dirinya bersiap untuk ujian masuk perguruan tinggi. Orang tuanya mendukung aktivitasnya yang mencintai Turki, juga mencintai Aceh dan Indonesia.

Semoga cita-citanya terwujud dan bertemu sahabat sahabatnya di Indonesia.

 

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x