Sunday, March 29, 2020
Afrika

Libya: UEA kirim 6.200 ton senjata ke Haftar

TURKINESIA.NET – TRIPOLI. Uni Emirat Arab (UEA) telah mengirim sekitar 100 pengiriman senjata untuk komandan pemberontak Libya Khalifa Haftar sejak bulan lalu, kata pemerintah yang diakui secara internasional itu, Senin.

Dalam sebuah pernyataan, pusat media “Operation Volcano of Rage” pemerintah mengatakan, 100 penerbangan telah mentransfer hampir 6.200 ton senjata dari UEA ke Haftar sejak 12 Januari.

Pesawat-pesawat yang membawa senjata lepas landas dari Pangkalan Udara Suweihan di UAE dan pangkalan udara Assab di Eritrea, kata pernyataan itu.

Pengiriman senjata ke Libya melanggar resolusi Dewan Keamanan PBB tahun 1970, yang melarang ekspor senjata ke negara yang dilanda perang.

Sebuah laporan PBB tahun 2017 menuduh UEA mengekspor senjata ke Haftar, yang pasukannya telah melancarkan serangan militer pada bulan April untuk merebut ibu kota Tripoli dari pemerintah yang diakui secara internasional.

Sejak penggulingan mendiang penguasa Muammar Gaddafi pada 2011, dua kubu kekuasaan telah muncul di Libya: Haftar di Libya timur didukung terutama oleh Mesir dan UEA, dan Pemerintah Kesepakatan Nasional (GNA) di Tripoli, yang menikmati pengakuan PBB dan internasional.

Sumber: Anadolu Agency

Leave a Response

error: Content is protected !!