Wednesday, July 8, 2020
Agama

Cegah corona, Diyanet Turki larang sementara shalat jamaah dan Jumat di masjid

TURKINESIA.NET – ANKARA. Otoritas Urusan Agama (Diyanet) Turki telah mengumumkan larangan berskala nasional untuk shalat jamaah, termasuk shalat Jumat, setelah terjadinya wabah virus corona.

Masjid-masjid akan tetap terbuka untuk orang-orang yang ingin melakukan shalat harian, kepala Diyanet, Ali Erbaş, mengatakan dalam sebuah pernyataan Senin.

“Sampai bahaya penyebaran virus corona jenis baru menghilang, menjadi perlu untuk menunda shalat dengan komunitas di masjid, terutama shalat Jumat,” kata Erbaş pada konferensi pers.

Erbaş mendesak umat beriman untuk shalat di rumah.

Sebagai bagian dari langkah-langkah melawan virus corona, semua warga yang kembali dari luar negeri sejak Sabtu telah ditempatkan di bawah karantina di asrama, Menteri Kesehatan Fahrettin Koca mengumumkan pada hari Minggu.

Asrama sudah kosong karena Turki sebelumnya mengumumkan libur wajib untuk universitas dan sekolah dasar.

Langkah itu dilakukan beberapa jam sebelum Kementerian Dalam Negeri memerintahkan penutupan semua kafe, teater, pusat kebugaran dan ruang sosial serupa lainnya mulai Selasa.

Turki pada hari Minggu mengumumkan jumlah kasus virus corona yang dikonfirmasi di negara tersebut telah meningkat menjadi 18.

Dari 18 kasus, tujuh adalah orang-orang yang kembali dari negara-negara Eropa dan tiga berasal dari AS, kata Koca.

Menteri mendesak semua warga negara untuk mengikuti protokol karantina mandiri jika mereka mencurigai diri mereka tertular virus.

Pemerintah sebelumnya telah menutup sekolah dan universitas serta menangguhkan penerbangan ke beberapa negara. Turki juga mengkarantina ribuan jamaah yang kembali dari umrah ke Arab Saudi, menempatkan mereka di asrama mahasiswa di ibu kota Ankara dan kota Konya di Anatolia tengah.

Sumber: Daily Sabah

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x