Sunday, May 31, 2020
AmerikaPhilantropi

Restoran Turki di AS tawarkan makanan gratis untuk staf kesehatan

TURKINESIA.NET – NEW YORK. Di tengah-tengah upaya untuk memerangi penyebaran COVID-19, restoran yang dimiliki oleh orang Turki di berbagai wilayah  Amerika Serikat telah menawarkan dukungan kepada staf perawatan kesehatan. Pemilik menawarkan makanan gratis atau diskon untuk semua dokter, perawat dan paramedis, serta petugas penegak hukum.

Hüseyin Bayram, pemilik rantai restoran Toros yang berbasis di New Jersey, telah meluncurkan program makanan gratis kepada staf Rumah Sakit Presbyterian Brooklyn, sekitar 40 kilometer (25 mil) dari restorannya. Bayram mengatakan ada banyak orang Turki yang bekerja di seluruh sektor perawatan kesehatan di New York dan banyak yang tidak dapat pulang selama berhari-hari karena banyaknya pasien terinfeksi virus.

“Konsulat Turki di New York menghubungi kami untuk membicarakan kondisi kerja di Rumah Sakit Brooklyn setelah seorang dokter Turki yang bekerja di sana berbicara kepada mereka, jadi kami memutuskan untuk menawarkan makanan gratis kepada mereka,” katanya, seraya menambahkan bahwa makanan tersebut saat ini dikirim setiap hari untuk sekitar 20 dokter dan perawat di rumah sakit.

“Mereka bahkan tidak dapat meninggalkan rumah sakit sesekali, jadi kami ingin berkontribusi, mengingat pengorbanan yang mereka lakukan,” katanya kepada Anadolu Agency (AA).

Bayram sendiri telah terdampak oleh pandemi, setelah mengalami penurunan 80% dalam tingkat pelanggan.

“Meskipun ada pandemic, saya memiliki 60 karyawan dan berusaha untuk menjaga restoran tetap terbuka dan membayar mereka. Saya harus memberikan karyawan put dengan status keuangan yang lebih baik cuti, tetapi saya harus mengurus yang lain,” katanya.

Seiring dengan makanan gratis, restoran Toros menawarkan diskon 50% untuk polisi, petugas pemadam kebakaran dan paramedis dan diskon 20% untuk pelanggan.

“Kami berusaha untuk bertahan hidup dan membantu orang-orang di sekitar kami. Ini adalah waktu yang memberi kita pelajaran berharga untuk berdiri dalam solidaritas,” katanya.

Lisa Mayısoğlu, yang mengelola Lisa’s Mediterranean Cuisine di Ridgewood, New Jersey, juga mengantarkan makanan gratis ke rumah sakit. Mayısoğlu mulai dengan membawa makanan untuk putrinya, seorang perawat di Pusat Medis Universitas Hackensack yang berjuang untuk menemukan waktu makan di luar.

Ketika dia menyadari staf lain dalam kebutuhan yang sama, dia memutuskan untuk menyediakan makanan gratis ke pusat. “Mereka terkadang bisa keluar dan makan makanan enak, jadi saya memutuskan untuk memasak untuk mereka setiap hari. Ini adalah waktu di mana setiap orang harus saling membantu,” katanya. Tidak lama kemudian, restoran lain di daerah tersebut bergabung dengan Mayısoğlu dan sekarang semua menyajikan makanan gratis untuk tiga rumah sakit di daerah tersebut.

Ali Rıza Doğan, yang mengelola restoran Ali Baba di New York, juga akan bergabung dengan inisiatif untuk menawarkan makanan gratis kepada staf medis. Doğan mengatakan dia akan mulai menyediakan makanan gratis untuk 50 karyawan di Rumah Sakit Universitas New York dan Memorial Sloan Kettering Cancer Center.

Doğan juga menawarkan diskon 50% untuk takeaways kepada anggota Departemen Kepolisian New York, serta pekerja perawatan kesehatan.

Sementara itu, Erol Akyürek, kepala Pusat Turki-Amerika di Long Island, mengatakan jaringannya juga telah memobilisasi restoran Turki di daerah itu untuk menawarkan bantuan makanan kepada yang membutuhkan serta makanan untuk paramedik.

Sumber: Daily Sabah

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x