Tuesday, May 26, 2020
Jejak OttomanSejarah

Sultan Ottoman Abdul Hamid II pernah kirim bantuan kemanusiaan untuk Amerika

TURKINESIA.NET – JEJAK OTTOMAN. Hubungan antara Ottoman dan AS berawal pada akhir abad ke-18. Kedutaan dan konsulat didirikan di kedua negara sebagai perkembangan hubungan lebih lanjut di berbagai bidang.

Walaupun jarak antara kedua negara terpaut jauh, sebuah kebakaran besar yang terjadi di AS membuat kedua negara bahu-membahu bekerjasama.

Fatma Ürekli, kepala Departemen Sejarah di Universitas Mimar Sinan, menjelaskan bantuan antara kedua negara berdasarkan dokumen dalam bukunya berjudul “Belgelerle 1889/1894 Afetlerinde Osmanlı-amerika Yardımlaşmaları” (Gotong Royong Ottoman-Amerika, berdasarkan dokumen Bencana 1889/1894).

Pada tahun 1889, sebuah banjir terjadi di Johnstown, sebuah pemukiman di Pennsylvania barat daya di AS. Setelah hujan deras, sebuah bendungan roboh dan kota itu terendam. Lebih dari 1.600 rumah hancur dan lebih dari 5.000 orang meninggal. Kebakaran dimulai setelah banjir yang juga meningkatkan dampak bencana. Peristiwa ini dikenal sebagai bencana besar pertama yang dihadapi Palang Merah Amerika.

Ketika peristiwa bencana ini terjadi, Sultan Ottoman Abdülhamid II memanggil Oscar Straus, duta besar Amerika untuk Kekaisaran Ottoman, dan memberinya 1.000 USD untuk dibelanjakan bagi para korban banjir. Kekaisaran Ottoman yang pertama membantu Amerika sebelum negara-negara lain.

 

Bantuan untuk korban kebakaran

Musim panas tahun 1894 cukup kering di AS. Pada bulan Juli 1894, kebakaran besar hutan di sekitar pemukiman Pierce dan Phillips di negara bagian Wisconsin bermula. Sekitar 100.000 lahan hutan dan 400 rumah habis terbakar. Dua puluh orang tewas. Kota Phillips yang dihuni oleh 2.500 orang benar-benar hancur dalam kobaran api. Kota itu kemudian dibangun kembali dan sebuah monumen untuk mengenang bencana itu didirikan di sepanjang Danau Duroy.

Pada bulan September, kebakaran hutan besar terjadi di negara bagian Minnesota. Sekitar 200.000 keping hutan Pine County terbakar bersama dengan kota-kota Mission Creek, Brook Park, Sandstone, Miller, Partridge, Poke Gama dan Hinckley. Lebih dari 400 orang tewas. Duta Utsmani untuk Washington mengirim telegraf ke Istanbul dan melaporkan bahwa jika Kekaisaran Ottoman mengirimkan bantuan 100 lira kepada para korban kebakaran Amerika, (bantuan) itu akan diterima dengan murah hati oleh publik Amerika. Usulan duta besar Turki untuk Washington disampaikan kepada Sultan Abdülhamid II. Sultan dengan baik hati menerima tawaran itu dan menaikkan jumlah bantuan itu menjadi 300 lira. Bantuan itu dikirim kepada korban kebakaran Amerika melalui duta Turki. Bantuan Ottoman ini ditulis di surat kabar Amerika dengan judul “Sultan Turki mengirimkan 300 lira ke Minnesota dan Wisconsin.”

Sumber: Daily Sabah

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x