Minggu, Januari 16, 2022
Turki

Cegah Covid-19, Istanbul dan Ankara terapkan aturan baru untuk transportasi

TURKINESIA.NET – ANKARA/ISTANBUL. Dua kota terbesar di Turki, Istanbul dan Ankara sejak pekan ini mulai menerapkan  langkah-langkah baru untuk transportasi umum yang bertujuan membatasi penyebaran wabah coronavirus.

Sebagai bagian dari peraturan baru yang diperkenalkan oleh kantor gubernur kota, para komuter dan pengemudi di Istanbul semuanya diharuskan untuk mengenakan masker pelindung wajah selama perjalanan. Penumpang tidak diperbolehkan menggunakan transportasi umum kecuali mereka memiliki masker.

Beberapa pengemudi metrobus mengenakan pakaian pelindung.

Untuk memastikan tepatnya implementasi aturan jarak sosial,, kendaraan angkutan dalam kota akan beroperasi pada kapasitas 50 persen, yang berarti hanya setengah dari kursi yang akan ditempati. Jumlah penumpang berdiri tidak akan melebihi jumlah penumpang yang duduk. Komuter juga diminta untuk menggunakan kursi dekat jendela dan mengosongkan kursi di lorong.

Menurut aturan baru, cairan pembersih dipasang di semua kendaraan angkutan umum dan di semua halte.

Ibukota Ankara, provinsi dengan jumlah penduduk terbesar kedua di Turki juga telah memperkenalkan peraturan tambahan bagi angkutan umum untuk menghadapi wabah. Peraturan itu dirancang untuk membantu warga mematuhi aturan jarak sosial.

Sistem bus umum kota akan beroperasi secara teratur. Pada hari kerja, metro akan beroperasi setiap tujuh menit mulai pukul 07:00 hingga 09:30 dan antara pukul 4.30 hingga 8.30 malam. Di luar jam-jam ini, mobil metro akan berjalan setiap 15 menit.

Aturan di atas juga berlaku di Istanbul. Penumpang diharuskan memakai masker wajah dan mereka yang mengabaikan aturan ini akan didenda.

Sumber: Hurriyet Daily News

votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Content is protected !!
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x